Bagaimanakah Allah Turun ke Langit Dunia bimbingan islam (1)
Bagaimanakah Allah Turun ke Langit Dunia bimbingan islam (1)

Bagaimanakah Allah Turun ke Langit Dunia?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang bagaimanakah Allah turun ke langit dunia?
selamat membaca.


Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga ustadz selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Afwan ustadz, izin bertanya, seperti yang kita ketahui, Allah turun di sepertiga malam terakhir, sekitar jam berapakah sepertiga malam terakhir tersebut?
Dan afwan ustadz, jika setiap daerah/negara memiliki perbedaan waktu yang jauh sekali, misalnya disatu tempat kondisinya malam, ditempat yang lain sudah pagi atau siang, apakah Allah turun setiap waktu di sepertiga malam terakhir disetiap daerah tersebut?
Mohon penjelasannya ustadz karena ana binggung menjawab pertanyaan itu ketika ada yang bertanya.. Jazakallaahu khoyron..

Tanya Jawab AISHAH – akademi shalihah
(Disampaikan Oleh Fulanah – SahabatAISHAH)


Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulillāh wa shalātu wa salāmu ‘alā rasūlillāh.

Turunnya Allah tidak sama dengan turunnya makhluk, munculnya pikiran-pikiran yang menyimpang tatkala kita berpikir sifat turunnya Allah sama seperti kita atau makhkuk lainnya turun.

Kita tidak pernah melihat bagaimana Allah turun dan Allah dan rasul-Nya pun tidak pernah menceritakan bagaimana sifat turunnya Allah, lalu bagaimana cara kita menerka-nerka kalau negara ini sudah pagi sedangkan di negara lain masih malam berarti Allah masih berada dilangit dunia dan sebagainya.

Tidak ada yang mustahil bagi Allah, Allah adalah dzat penguasa waktu dan bisa melakukan apapun yang Dia kehendaki. Allah bisa menciptakan sesuatu dari tidak ada, apalagi cuma masalah turun di sepertiga malam.

Yang kita dapati kabarnya dari rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah Allah turun ke langit dunia.

ينزل رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ : مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ”

Tuhan kita Tabaaraka wa ta’ala turun pada setiap malam ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir, Dia berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, akan Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku berikan, siapa yang minta ampun kepada-Ku akan Aku ampuni.”
(HR. Bukhari : 1145).

Kita wajib beriman kepada sabda beliau, karena beliau mendapatkan kabar tersebut dari Allah sendiri. Mungkinkah kita meragukannya dengan keilmuan kita yang sedikit?
Allah hanya memberikan kita sedikit ilmu, banyak hal-hal yang mustahil bagi kita, tapi tidak ada yang mustahil bagi Allah.

Jadi, kita beriman Allah turun ke langit dunia di 1/3 malam terakhir, tapi kita tidak tahu cara dan sifat Allah turun. Ingat, hal tersebut mudah bagi Allah.

Kemudian,.bagaimana cara mengetahui 1/3 malam terakhir?
Yaitu dengan membagi 3 malam. Hitunglah jam dari masuk waktu maghrib sampai masuk waktu shubuh kemudian bagi 3, kita akan mendapati jam berpakah 1/3 malam terakhir.

Wallahu a’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله
Rabu,  22 Dzulhijjah 1441 H / 12 Agustus 2020 M



Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى 
klik disini