Bagaimana Sholat Yang Paling Tepat Saat Safar, Di Awal Waktu Atau Jama?

Bagaimana Sholat Yang Paling Tepat Saat Safar, Di Awal Waktu Atau Jama?

Pertanyaan :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kalau di pesawat, ketika masuk waktu sholat, sebaiknya sholat di pesawat atau di jama ? , karena sholat dianjurkan di awal waktu dan dimana saja, tolong dituliskan ayat & hadis shahihnya,
Terima kasih banyak Ustadz,

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS N06-G33

 

Jawaban :

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Seorang musafir diberikan keringanan untuk menjamak dan mengqashar shalat, baik itu jamak taqdim (mendahulukan dua shalat) atau jamak ta’khir (mengakhirkan dua shalat), yaitu menggabungkan dhuhur dengan ashar dan maghrib dengan isya’. Ia mendapatkan kelonggaran untuk mengerjakannya di awal waktu, pertengahan, atau di akhir waktu.

Hendaknya ia mengerjakannya di waktu yang mudah dan longgar baginya.

Musafir yang berada di pesawat, apabila diperkirakan akan sampai di tempat tujuan masih mendapatkan waktu untuk mengerjakan shalat jamak qashar tersebut maka diutamakan untuk mengerjakannya di tempat tujuan tersebut, karena akan mampu mengerjakannya dengan sempurna.

Namun apabila sampai di tujuan sudah keluar dari waktunya, maka ia shalat di pesawat. Hendaknya mengerjakannya dengan menghadap kiblat, berdiri, ruku, dan sujud dengan sempurna. Dan jika tidak memungkinkan maka ia mengerjakannya di atas kursinya dengan gerakan-gerakan ringan dan isyarat sesuai dengan kemampuannya.

Seorang muqim (bukan musafir) hendaknya bersegera mengerjakan shalat di awal waktu secara berjamaah di masjid, kecuali wanita maka tidak diwajibkan atasnya untuk berjamaah di masjid.

Referensi
http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=149505

Konsultasi Bimbingan Islam
Ustadz Muhammad Romelan, Lc.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS