Mengaqiqahi Anak Setelah Lewat Waktu Dan Mengaqiqahi Diri Sendiri

Mengaqiqahi Anak Setelah Lewat Waktu Dan Mengaqiqahi Diri Sendiri

Pertanyaan :

بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz,ana mau bertanya bolehkah mengaqiqah anak,tetapi kambingnya menabung(memebeli anak kambing dan dipelihara hingga besar hingga siap untuk hewan aqiqah) punya rencana ingin mengaqiqahi anak dan saya sendiri tetapi dana tidak memadai jika memebeli yang sudah besar.

Jazaakallahu khayran ustadz

(Fulanah Anggota Group Bimbingan Islam T06 G-XX)

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Boleh menabung untuk meng-‘aqiqahi anak meski sudah berlalu waktu ‘aqiqah yang disyariatkan (yaitu hari ke-7 atau ke-14, atau ke-21). Syaikh Ali Hasan Al Halaby berkata :

إخواني العقيقة الأصل أنها تذبح في السوم السابع وجائت السعة فيها في الرابع عشر والواحد والعشرين ولكن لما كانت العقيقة معقولة المعنى بمعنى أن فيها توسعة على الناس بتوزيعة اللحم وإطعامه وطبخه وتوزيعه يعني لو أن أحدا تجاوز المدة فإنه قد وقع الخلل في التوقيت فلا يجوز أن يقع الخلل في الأداء وفي الفعل فنقول له لإن قصرت في الأيام المشروعة يجب أن تئديه بعد ذلك

“Saudaraku aqiqah itu asalnya dilakukan di hari ke-tujuh, dan datang dalil memberikan kelonggaran di hari ke-14 dan hari ke-21.

Akan tetapi ketika aqiqah ini memiliki makna yang luas berupa pembagian daging, memberi makan dengannya dan memasaknya, maksudnya jika seseorang melewati waktu yang seharusnya, maka ia melakukan kekurangan dari sisi waktu, oleh karenanya ia tidak boleh melakukan kekurangan lagi dari sisi pelaksanaan.

Sehingga kita katakan kepada dia, jika kamu tidak mampu melaksanakannya di hari-hari yang disyariatkan, maka kamu melakukannya di hari lain setelah itu”.

(Sumber fatwa : https://www.youtube.com/watch?v=mV5PGJscsIQ ).

Adapun mengaqiqahi diri sendiri tidak disyariatkan menurut pendapat yang rajih,  karena aqiqah merupakan kewajiban ayah terhadap anak. Baca keterangan lengkapnya di tautan berikut :

https://bimbinganislam.com/konsultasi/27-fiqih/732-aqiqoh-untuk-diri-sendiri-ataupun-orang-tua

Wallahu a’lam

Konsultasi Bimbingan Islam

Abul Aswad Al Bayaty

CATEGORIES
Share This

COMMENTS