FiqihKonsultasi

Apakah Shalat Sah Jika Ada Hewan Yang Melintas

Pendaftaran Grup WA Madeenah

Apakah Shalat Sah Jika Ada Hewan Yang Melintas

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Apakah Shalat Sah Jika Ada Hewan Yang Melintas, selamat membaca.


Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga ustadz senantiasa di berikan kesehatan dan berkah selalu. Izin bertanya, bagaimana jika kita sedang sholat di rumah maupun di masjid tiba-tiba ada kucing lewat di depan kita? Sholat nya sah atau bagaimana? Kadang-kadang kucing piaraan suka juga nempel-nempel atau malah lompat di punggung kita pas kita lagi sholat.

جزاك اللهُ خيراً

Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

Semoga penanya dalam keadaan sehat wal afiyat.

Perlu diketahui bahwa kucing termasuk binatang jinak yang berada disekitar kita yang sulit untuk dihindari dari keberadaannya. Karena itulah agama memberika keringanan terkait kucing yang dihukumi suci alias tidak najis pada bulu, air liur, bekas makananya, kecuali kotorannya tetap dihukumi dengan najis.

Dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ

“Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita. ” (HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil no. 173 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Jika bersentuhan dengan kucing saja tidak najis, apalagi hanya sekedar lewat saja. Maka shalatnya tetap sah dan tidak perlu diulangi lagi.

Wallohu a’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh: 
Ustadz Abu Rufaydah, Lc. MA. حافظه الله

Related Articles

Back to top button