Fiqih

Apakah Najis Kotoran Anjing Sama dengan Liurnya?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab Apakah Status Najis Kotoran Anjing Sama dengan Liurnya? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamu’alaikum ustadz. Ana mau tanya, apakah kotoran anjing status najisnya sama dengan air liurnya? (Najis mughalazah).

Barakallahu fiik.

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Twitter Bimbingan Islam)


Jawaban:

Wa’alaikumusaalam warahmatullah wabarakatuh

Iya air kencing dan kotoran anjing juga najis termasuk semua bagian tubuh anjing itu najis. Cara mensucikannya dengan dicuci sampai bersih sampai hilang kenajisannya. Adapun khusus untuk air liur anjing ia dicuci tujuh kali salah satunya dengan tanah. Para ulama yang tergabung dalam Lajnah Daimah menyatakan:

الكلب نجس كله روثه وعرقه ولعابه، ويجب غسل ما لوثه من إناء وغيره بالماء حتى يطهر، أما اللعاب خاصة؛ فيجب غسل ما أصابه سبع مرات بالماء، إحداهن بالتراب

Baca Juga:  Lebih Utama Mengambil Rukhshah Saat Safar

“Anjing itu seluruhnya, kotorannya, keringatnya dan liurnya adalah najis. Wajib untuk dicuci benda yang tercemar olehnya baik berupa bejana atau yang lainnya dengan dicuci menggunakan air sampai suci.

Adapun liurnya secara khusus harus dicuci tujuh kali dengan air salah satunya dengan tanah.” (Fatawa Lajnah Daimah : 4/197).

Wallahu a’lam

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA. حفظه الله
Kamis, 14 Syaban 1443 H/ 17 Maret 2022 M

Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA.
Dewan konsultasi Bimbingan Islam (BIAS), alumni MEDIU, dai asal klaten
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Abul Aswad Al-Bayati حفظه الله klik disini

Baca Juga:  Batas Sholat Dhuha Waktunya Sampai Kapan?

Ustadz Abul Aswad Al Bayati, BA.

Beliau adalah Alumni S1 MEDIU Aqidah 2008 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Malang tahunan dari 2013 – sekarang, Dauroh Solo tahunan dari 2014 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Koordinator Relawan Brigas, Pengisi Kajian Islam Bahasa Berbahasa Jawa di Al Iman TV

Related Articles

Back to top button