Alqur’an Lebih Dari Sekedar Kitab Geografi

Alqur’an Lebih Dari Sekedar Kitab Geografi

Alqur’an Lebih Dari Sekedar Kitab Geografi

Pertanyaan :

بسم اللّه الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Izin bertanya, apakah seluruh benua-benua di bumi disebutkan seluruhnya dalam Al Quran, misal : disebut sungai Nil, maka benua Afrika dikenal dalam Al-Quran, Kemudian apakah benua lainnya juga disebut? Jika ada benua yang tidak disebut, adakah alasan mengapa tidak disebut? Mungkinkan terkait keberkahan yang Allah ﷻ limpahkan terkait penyebutan tersebut?

(Disampaikan oleh Wahyu Fitriana ,Sahabat BIAS T09-G16,)


Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.

Satu hal yang harus diyakini oleh setiap muslim adalah bahwasanya alquran diturunkan untuk menjadi petunjuk bagi setiap muslim, alquran bukanlah kitab kedokteran maupun kitab geografi, akan tetapi alquran adalah wahyu dari Allah ﷻ yang menjalaskan kepada manusia bagaimana cara menuju Allah ﷻ.

Allah ﷻ berfirman :

إن هذا القرآن يهدي للتى هى أقوم ويبشر المؤمنين الذين يعملون الصالحات أن لهم أجرا كبيرا

Sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk kepada jalan terbaik dan memberi kabar gembira kepada orang yang beramal sholih bahwasanya mereka mendapatkan pahala yang besar

Dikarenakan alquran bukanlah kitab geografi, maka alquran tidak harus mejelaskan tempat -tempat yang ada dimuka bumi, dan tidak mesti juga setiap tempat yang disebutkan menunjukkan Allah ﷻ memberkahinya, kecuali seperti tempat – tempat yang Allah ﷻ bersumpah dengannya atau Allah ﷻ sebutkan tempat itu diberkahi.

Wallohu A’lam
Wabillahittaufiq.

Dijawab dengan ringkas oleh:
👤 Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى
📆 Senin , 01 Ramadhan 1440 H/ 07 Mei 2019

CATEGORIES
Share This

COMMENTS