Penghasilan Pegawai Pajak

Pertanyaan :

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Apakah halal penghasilan dari pekerjaan (pns) di dinas/kantor yang menangani masalah pajak-pajak daerah jika kita tetap bekerja di dinas tersebut tetapi tidak menangani masalah pajak tetapi misalkan bekerja di bagian mengurus kepegawaian apakah boleh/halal?
Jazakallohhu khoiran

(Dari Yusefa Anggota Grup WA Bimbingan Islam di Batam)

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

Tidak halal bekerja sbg pegawai di dinas perpajakan karena banyaknya pajak-pajak haram yg dipungut oleh pemerintah RI. Tidak halal pula bekerja di bagian kepegawaian walau tidak bersinggungan langsung dengan pajak, karena termasuk tolong-menolong dalam dosa dan permusuhan.

Rincian jawaban:
Hukum pajak dan bekerja di perpajakan dapat dibaca dalam link ini.

Adapun bila anda bekerja di bagian kepegawaian dari perusahaan pajak yang tidak syar’i, maka termasuk ‘tolong-menolong dalam dosa dan permusuhan’ yg dilarang oleh Allah (Al Maidah: 2). Sebab anda secara langsung membantu dinas perpajakan dalam mengurusi pegawai-pegawai yang merupakan motor penggerak dalam dunia ini, yang tanpa mereka perusahaan tsb tidak dapat berjalan.

Apabila dahulu anda belum mengetahui hukumnya, maka yang berlalu ya biarkan berlalu. Anda cukup minta ampun kepada Allah dan bertaubat. Akan tetapi untuk kedepannya anda harus berusaha mencari pekerjaan lain yang halal.

والله تعالى أعلم

Konsultasi Bimbingan Islam
Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )