Apakah Membaca Doa Khatam Al Quran Disyariatkan?

Apakah Membaca Doa Khatam Al Quran Disyariatkan?

Pertanyaan :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Barakallahu fiik, Ustad saya mau tanya apakah selesai membaca Alquran atau mengkhatamkan Alquran disunnahkan membaca doa yang terdapat pada halaman belakang Alquran ( ini terdapat pada Alquran produksi Indonesia).

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

(Dari Joni Abu Azka di Bekasi Anggota Grup WA Bimbingan Islam N06 – G23)

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Para ulama’ berselisih pendapat dalam masalah membaca doa khatmul qur’an ketika selesai membaca Al Qur’an, apakah disunnahkan atau tidak disunnahkan. Sebagian berpendapat bahwa tidak disunnahkan membacanya di dalam shalat, yaitu sebelum atau setelah ruku’.
Yang demikian itu karena tidak ada dalilnya dari Al Qur’an dan Sunnah dan para shahabat tidak pernah mengerjakannya. Sedangkan di luar shalat, diperbolehkan karena ada riwayat dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu bahwa beliau berdoa setelah mengkhatamkan Alquran.

Beliau mengumpulkan istri dan anak-anaknya kemudian beliau berdoa. Perbuatan beliau ini diikuti oleh sebagian tabi’in, seperti Mujahid bin Jabr.
Sebagian ulama’ membolehkannya baik di dalam shalat maupun di luar shalat, karena tidak ada larangan akan hal tersebut, dan hukum asalnya doa adalah sunnah baik di dalam shalat maupun di luar shalat. Apabila seorang imam mengerjakannya di dalam shalat, hendaknya tidak memanjangkannya sehingga memberatkan makmum.

Referensi

https://islamqa.info/ar/65581
http://binbaz.org.sa/fatawa/1046

Konsultasi Bimbingan Islam
Ustadz Muhammad Romelan, Lc.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS