Artikel

Agama Seseorang Bisa Rusak Karena Ini!

Pendaftaran AISHAH Online Angkatan 2

Agama Seseorang Bisa Rusak Karena Ini!

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Agama Seseorang Bisa Rusak Karena Ini! selamat membaca.

Pertanyaan:

Ahsanallahu ilaikum ustadz, pada materi Manajemen Rumah Tangga: Eps 1, di dalam audio/video disebutkan bahwa 2 hal yang berpotensi merusak agama seseorang adalah kemaluan dan perutnya.

Namun di buku juga disebutkan bahwa 2 hal tersebut adalah kemaluan dan lisan. Manakah yang lebih tepat ustadz? jazaakallahu khayran

Ditanyakan Sahabat BIAS melalui Grup WhatsApp


Jawaban:

Wallahu Yuhsinu ilaikunna jami’an,

Semuanya (kemaluan, perut, dan lisan) berpotensi merusak agama seseorang, hanya jika kita melihat hadist Nabi, maka hal ini akan mengerucut pada kemaluan dan lisan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

من يضمن لي ما بين لحييه وما بين رجليه أضمن له الجنة

Baca Juga:  Hukum Sholat Jumat Bergelombang di Masa Wabah

“Barangsiapa yang mampu menjamin untukku apa yang ada di antara kedua rahangnya (lisan) dan apa yang ada di antara kedua kakinya (kemaluan) aku akan menjamin baginya surga.” (HR. Bukhari)

Karena itu wajib bagi setiap muslim untuk menjaga lisan dan kemaluannya dari perkara-perkara yang diharamkan oleh Allah Ta’ala, dalam rangka untuk mencari keridhaan-Nya dan mengharap balasan berupa pahala dari-Nya.

Semua ini adalah perkara yang mudah bagi orang-orang yang dimudahkan oleh Allah Ta’ala.

Dijawab dengan ringkas oleh:

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag.

Rabu, 6 Jumadil Awal 1444H / 30 November 2022 M 


Ustadz Fadly Gugul حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button