AqidahKUIS BIAS

Acara Adat Malam Mappaci’

Pertanyaan:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bagaimana dengan Acara Adat istilahnya MALAM MAPPACI’ (seperti adat jawa: malam midodareni), Memang adat di Sulawesi Selatan demikian, Memakai dupa, Ada ketan (kalau di makassar namaanya songkolo plus lauknya pake ayam goreng – istilah nya Sesajen), seperti ritual pemberkatan orang yang di tuakan dalam keluarga termasuk orangtua mempelai sendiri.

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

(Dari Era di Sulawesi Selatan Anggota Grup WA Bimbingan Islam T06 G-57)

JAWAB:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Dari apa yang disebutkan oleh si penanya, saya bisa membayangkan bahwa adat tersebut kental dengan syirik, karena menggunakan sesajen berupa makanan, dan berarti makanan ini ditujukan untuk taqarrub kepada selain Allah, kalau disebutkan bahwa tujuannya untuk pemberkatan orang yang dituakan dalam keluarga.

Baca Juga :  Anak yang Meninggal Sebelum Baligh, Bisa Memberi Syafaat?

Maka apakah hal tersebut dibarengi dengan keyakinan bahwa berkah itu datang dengan sendirinya ataukah diberikan oleh pihak tertentu?

Kalau diyakini datang dengan sendirinya tanpa diberikan oleh siapa-siapa maka ini syirik Akbar.

Kalau diyakini datangnya dari selain Allah, juga termasuk syirik Akbar.

Kalau diyakini datangnya dari Allah dan juga dari yang selain Allah, ini juga termasuk syirik Akbar.

Kalau diyakini datangnya dari Allah SEMATA, namun caranya dengan Malam Mappaci/Midodareni tersebut, maka ini menurut sebagian ulama dianggap syirik Asghar karena menjadi wasilah kepada syirik Akbar. Sedangkan menurut ulama lainnya dianggap bid’ah-khurafat.

Seorang muslim harus menjauhi tradisi dan adat yang bertentangan dengan ajaran Islam. Ia tidak boleh merestui adat seperti itu, apalagi turut serta di dalamnya. Kalaupun ia tidak meyakini apa yang mereka yakini, tetap saja keikutsertaannya itu merupakan tindakan tolong-menolong dalam dosa yang hukumnya haram.

Wallahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam

Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

Baca Juga :  Hukum Mendoakan Ayah yang Wafat Berbuat Syirik

Related Articles

Back to top button