IbadahKeluarga

5 Solusi Agar Suami Rajin Sholat 5 Waktu Di Masjid

5 Solusi Agar Suami Rajin Sholat 5 Waktu Di Masjid

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan 5 solusi agar suami rajin sholat 5 waktu di masjid. Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamua’laikum warahmatullahi wabarakatuh. Mohon maaf ustaz, ana izin bertanya. Semoga Allah beri keberkahan pada keluarga ustaz. Aamiin.

Apakah yang harus dilakukan istri, jika suami tidak melaksanakan sholat? Istri sudah menasihati suami tetapi tidak direspon. Dan suami sedang mencari nafkah dengan cara yang kurang halal. Apa yang harus dilakukan istri. Minta cerai atau bertahan dengan kondisi seperti itu. Mohon pencerahannya ustaz. Jazakallahu khairan.


Jawaban:

Wa’alaikumussalam Warahmatullah Wabarakatuh

Kami berdoa kepada Allah Yang Maha Pemurah agar menakdirkan kebaikan bagimu, memantapkan langkah-langkahmu, dan memberikan ilham kepada kita semua kepada petunjuk dan melindungi kita dari keburukan jiwa-jiwa kita dan dari kejelekan amal-amal kita.

Perhatianmu sebagai istri terhadap suami adalah sebuah kemuliaan. Ini adalah termasuk akhlakmu yang baik dan harta simpananmu yang berharga.

Setiap orang beriman itu sadar bahwa hidup bersama dengan seorang suami yang tidak sholat adalah sebuah petaka dan kemungkaran besar yang tidak diperbolehkan secara syar’i, apalagi Anda telah menasihati suami.

sholat memang perkara berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk. sholat adalah hubungan langsung antara seorang hamba dengan Rabb-nya. sholat adalah amal yang pertama kali akan dihisab.

Baca Juga:  Bolehkah Memakamkan Jenazah di Kampung Halamannya Bagi Perantau?

sholat adalah timbangan yang dengannya kita bisa mengetahui agama dan kebaikan seseorang. Barangsiapa menjaganya, maka dia memiliki cahaya, bukti dan keselamatan pada hari Kiamat.

Dan barangsiapa tidak menjaganya maka dia tidak memiliki cahaya, bukti dan keselamatan pada hari Kiamat, dan akan dikumpulkan bersama Fir’aun, Haman, Qorun dan Ubay ibn Khalaf.

Ingatlah,

sholat adalah sebuah kewajiban yang tidak akan gugur dari seorang manusia selagi dia bernapas dan sadar punya ingatan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepada sahabat ‘Imran ibn Husain radhiallahu ‘anhu:

صَلِّ قَائِمًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِداً، فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلىَ جَنْبٍ

Shalatlah dalam keadaan berdiri, jika Anda tidak mampu maka dengan duduk, jika tidak mampu maka dengan (berbaring) di atas lambung.” (HR. Al Bukhari, no. 1117).

Jika hal demikian diperuntukkan bagi si sakit, maka bagaimana pula dengan orang-orang yang sehat?

Suami Malas Sholat

Beberapa solusi yang semoga bisa menjadi jalan keluar bagi saudari menghadapi suami yang malas sholat. Di antara hal-hal tersebut adalah:

Baca Juga:  Orang Yang Lama Meninggalkan Sholat, Apa Harus Syahadat Ulang?

1. Menyandarkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, tunduk kepada-Nya demi hidayah kepada laki-laki tersebut, dan yang benar adalah kita berdo’a untuk seseorang di waktu malam, dan mendakwahinya di waktu siang, sesuai dengan kadar keikhlasan dan kejujuran kita, maka kebaikan dan pengabulan akan datang.

2. Mengambil jalan masuk yang baik menasihatinya, mengetengahkan kata-kata yang indah, memilih waktu-waktu yang sesuai, dan sebutkanlah kebaikan-kebaikan serta sifat-sifatnya yang baik. Dan berusahalah membantunya untuk mempersiapkan kepercayaan dirinya dengan mengatakan, misalnya:

“Anda alhamdulillah adalah seorang yang baik, Anda bertanggung jawab, dan manusia menyebutmu dengan kebaikan, dan akan sangat bagus lagi kalau Anda konsisten mengerjakan sholat lima waktu. Karena sesungguhnya aku senang melihat suamiku keluar seperti laki-laki lain bersama keluarganya menuju rumah-rumah Allah.”

3. Mendorong orang-orang shalih dari mahrammu atau keluarganya yang memperhatikan sholat untuk menziarahinya dan mengajaknya sholat tanpa dia merasa bahwa hal tersebut adalah sebuah kesepakatan di antara kalian. Dan lebih memilih waktu-waktu sholat dalam ziarah hingga dia bisa pergi ke masjid bersama mereka.

4. Membeli kaset-kaset, dan buku-buku kecil yang menjelaskan hukum orang yang meninggalkan sholat, serta hukuman orang yang meremehkan pelaksanaan sholat pada waktunya, dan meletakkan kaset-kaset serta buku-buku kecil tersebut pada tempat yang biasa dia jangkau dengan tangannya.

Baca Juga:  Aqiqah Anak Umur 8 Tahun Baru Ditunaikan, Bagaimana Hukumnya?

5. Berambisi agar dia konsisten dalam mengerjakan sholat lima waktu untuk pertama kalinya, kemudian mendakwahinya agar mendirikannya dengan kekhusyu’annya, rukuknya dan tumakninahnya. Dan hal yang demikian tidak akan terjadi kecuali dengan rutin mengerjakan sholat.

Adapun penghasilan suami dari cara yang kurang halal, maka semoga Allah Ta’ala membukakan rizki yang baik bagi Anda sekeluarga. Hal ini juga di antara faktor terbesar, suami malas sholat atau tidak yaitu dari arah mana harta pengahasilan itu didapat? Dengan cara halal atau yang lainnya?

Maka doronglah suami hanya dengan harta halal saja, dengan hidup bersahaja, tidak banyak menuntut dan ridha dengan yang sedikit. Semoga Allah Ta’ala memberikan petunjuk dan hidayah-Nya.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag.
حفظه الله
Kamis, 24 Dzulqo’dah 1443 H/ 23 Juni 2022 M


Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik di sini

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at
Back to top button