Imam Madzhab pun Memerintahkan Kita Untuk Belajar dan Berilmu

Imam Madzhab pun Memerintahkan Kita Untuk Belajar dan Berilmu

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.

 

Saudaraku yang mencintai Sunnah dan dicintai oleh Alloh..
Nu’man bin Tsabit yang lahir pada tahun 80 Hijriyah, yang masyhur kita kenal dengan kunyahnya Abu Hanifah, beliau berkata;

Tidak dihalalkan bagi seseorang untuk berpegang pada perkataan kami, selagi ia tidak mengetahui dari mana kami mengambilnya. ” (Ibnu Abdil Barr dalam Al-Intiqa’u fi Fadha ‘ilits Tsalatsatil A’immatil Fuqaha’i, hal. 145)

Dalam riwayat yang lain dikatakan, ” Adalah haram bagi orang yang tidak mengetahui alasanku untuk memberikan fatwa dengan perkataanku. ” Di dalam sebuah riwayat ditambahkan, “Sesungguhnya kami adalah manusia yang mengatakan perkataan pada hari ini dan meralatnya di esok hari.
Saudaraku mari kita perhatikan dengan seksama, bahwa sekelas Abu Hanifah rohimahulloh saja tidak berkenan jika kita mencukupkan diri mengikuti pendapat beliau saja tanpa telaah, bahkan keluar dari lisan beliau kata haram.
Walau tentu saja haram disini tidak berlaku mutlaq, haram jika telah dimudahkan bagi kita jalan untuk menuntut ilmu namun kaki, iman, dan pikiran enggan menelaah. Sedangkan boleh atau halal bagi kita untuk mengikuti pendapat beliau, taqlid pada beliau dan para Imam Madzhab yang lain, hanya jika tertutup jalan kita untuk menuntut ilmu.

Pertanyaannya, masihkah tertutup jalan kita menuntut ilmu? Masih enggankah kaki kita melangkah ke majelis ilmu? Atau justru ego dan taqlid yang masih lekat menggayuti hati kita.

Yaa Robb..
Mudahkanlah hati kami tertambat pada majelis ilmu, mudahkan kami menerima yang Haq dan mengikutinya.

 

Wallohu A’lam
Wabillahit Taufiq

Ustadz Rosyid Abu Rosyidah حفظه الله
(Dewan Konsultasi Bimbinganislam.com)

TAUSIYAH
Bimbinganislam.com
Kamis, 13 Ramadhan 1438H / 8 Juni 2017M

CATEGORIES
Share This

COMMENTS