FiqihIbadah

Tata Cara Sujud Sahwi Beserta Jumlahnya

Pendaftaran AISHAH Online Angkatan 2

Tatacara Sujud Sahwi Beserta Jumlahnya

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki adab dan akhlak yang luhur berikut kami sajikan pembahasan tentang Tatacara Sujud Sahwi Beserta Jumlahnya. Silahkan membaca.

Pertanyaan:

Jika lupa atau ragu dalam sholat, contohnya baca tasyahut awal, atau ragu dalam jumlah rakaat sholat.

Dari yg saya pelajari lakukan sujud sahwi, nah yg saya tanyakan apa yg dibaca saat sujud sahwi itu, dan setelah sujud sahwi apakah langsung salam? Terima kasih.

Ditanyakan Sahabat BIAS melalui Grup WhatsApp


Jawaban:

Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Berkata al-Imam al-Nawawi :

” سُجُودُ السَّهْوِ سَجْدَتَانِ بَيْنَهُمَا جَلْسَةٌ , وَيُسَنُّ فِي هَيْئَتِهَا الافْتِرَاشُ ، وَيَتَوَرَّكُ بَعْدَهُمَا إلَى أَنْ يُسَلِّمَ , وَصِفَةُ السَّجْدَتَيْنِ فِي الْهَيْئَةِ وَالذِّكْرِ صِفَةُ سَجَدَاتِ الصَّلاةِ . وَاَللَّهُ أَعْلَمُ ” انتهى .

“Sujud sahwi itu jumlahnya dua kali, diantara keduanya ada diselingi dengan duduk, dianjurkan tatkala duduk dengan iftirasy, dan selepas dua sujud sahwi duduknya dengan tawarruk sampai melakukan salam, adapun gambaran dua sujud yang dilakukan, dan juga bacaan yang diucapkan sama seperti sujud-sujud sholat lainnya, wallahu a’lam”. (al-Majmu’ juz:4 hal:72).

Dari keterangan di atas, cara melakukan sujud sebagaimana sujud sholat lainnya, sebagaimana bacaan tatkala sujud dan diantara dua sujud juga sama dengan bacaan sholat seperti biasanya.

Baca Juga:  Ragu Dalam Waktu Berbuka Puasa

Adapun kapan melakukan sujud sahwi? al-Imam al-Nawawi dalam al-Majmu’ juga menjelaskan:

وَقَالَ صَاحِبُ الْحَاوِي: لَا خِلَافَ بَيْنَ الْفُقَهَاءِ، يَعْنِي جَمِيعَ الْعُلَمَاءِ أَنَّ سُجُودَ السَّهْوِ جَائِزٌ قَبْلَ السَّلَامِ وَبَعْدَهُ، وَإِنَّمَا اخْتَلَفُوا فِي الْمَسْنُونِ وَالْأَوْلَى. انتهى

“Berkata penulis kitab al-Hawi: Tidak ada khilaf diantara para ahli fiqih, yaitu semua ulama bersepakat bahwa sujud sahwi boleh sebelum salam maupun selepasnya, yang dikhilafkan adalah yang lebih utama itu sebelum ataukah sesudah”.

Jadi longgar, boleh antum sujud sebelum salam dari sholat, boleh juga selepas melakukan salam dari sholat. Jika melakukan sujud sahwi selepas salam dari sholat, maka nanti melakukan salam lagi tatkala sujud sahwi selesai.

Wallahu a’lam

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله
Senin, 4 Jumadil Awal 1444H / 28 November 2022 M 


Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله
Beliau adalah Alumnus S1 Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta dan S2 Hukum Islam di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله klik di sini

[TS_Poll id="2"]
Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Setiawan Tugiyono, B.A., M.HI

Beliau adalah Alumni D2 Mahad Aly bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bahasa Arab 2010 - 2012 , S1 LIPIA Jakarta Syariah 2012 - 2017, S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta Hukum Islam 2018 - 2020 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah, Dauroh Masyayikh Ummul Quro Mekkah di PP Riyadush-shalihin Banten, Daurah Syaikh Ali Hasan Al-Halaby, Syaikh Musa Alu Nasr, Syaikh Ziyad, Dauroh-dauroh lain dengan beberapa masyayikh yaman dll | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Belajar bersama dengan kawan-kawan di kampuz jalanan Bantul

Related Articles

Back to top button