Adab & AkhlakArtikelUmum

Ingin Untung? Yuk Sedekah

Ingin Untung? Yuk Sedekah

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial, makhluk yang tidak bisa hidup sendiri, butuh kepada bantuan orang lain. Begitulah Allah menciptakan manusia sesuai dengan ilmu dan hikmahNya. Allah berikan kelebihan kepada sebagian manusia dan tidak Allah berikan kepada yang lainnya agar kehidupan ini bisa berjalan dengan baik, sehingga mereka bisa saling mengisi kekurangan yang ada.

Allah ﷻ berfirman:

وَ…وَرَفَعۡنَا بَعۡضَهُمۡ فَوۡقَ بَعۡضٖ دَرَجَٰتٖ لِّيَتَّخِذَ بَعۡضُهُم بَعۡضٗا سُخۡرِيّٗاۗ وَرَحۡمَتُ رَبِّكَ خَيۡرٞ مِّمَّا يَجۡمَعُونَ 

“….dan kami telah meninggikan sebahagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain. Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan. [Az Zukhruf:32].

Sebagian manusia Allah ﷻ berikan kelebihan harta, sebagai ujian apakah dirinya mau membelanjakan harta tersebut di jalan yang Allah ﷻ ridhoi atau tidak. Karenanya Allah ﷻ berfirman:

ءَامِنُواْ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَأَنفِقُواْ مِمَّا جَعَلَكُم مُّسۡتَخۡلَفِينَ فِيهِۖ فَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَأَنفَقُواْ لَهُمۡ أَجۡرٞ كَبِيرٞ 

“Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar. [Al Hadid:7].

Sedekah merupakan salah satu amalan yang paling banyak dan besar keuntungannya, terutama keuntungan di kehidupan akhirat, tentunya jika diiringi dengan keikhlasan mengharap ridho ilahi. Oleh karenanya, seorang mukmin hendaklah menjadikan tujuan utamanya dalam bersedekah untuk meraih keuntungan akhirat tersebut, bukan sekedar mengharapkan balasan di dunia, karena ditakutkan masuk dalam firman Allah ﷻ:

مَن كَانَ يُرِيدُ ٱلۡحَيَوٰةَ ٱلدُّنۡيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيۡهِمۡ أَعۡمَٰلَهُمۡ فِيهَا وَهُمۡ فِيهَا لَا يُبۡخَسُونَ .١٥ أُوْلَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ لَيۡسَ لَهُمۡ فِي ٱلۡأٓخِرَةِ إِلَّا ٱلنَّارُۖ وَحَبِطَ مَا صَنَعُواْ فِيهَا وَبَٰطِلٞ مَّا كَانُواْ يَعۡمَلُونَ .١٦

“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.” [Hud:15 – 16].

Diantara keuntungan-keuntungan sedekah yang Allah janjikan adalah:
1. Meredam kemurkaan ilahi.

Rasulullah ﷺ bersabda:

إنَّ صَدَقَةَ السِّرِّ تُطْفِيءُ غَضَبَ الرَّبِّ

“Sesungguhnya sedekah sembunyi-sembunyi bisa meredam kemurkaan Rabb.” (HR. Thabrani dalam mu’jam kabir, dinyatakan shohih oleh syaikh Albany).

2. Menghapus dosa-dosa.

Rasulullah ﷺ bersabda:

والصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الخَطِيئَةَ كَما يُطْفِئُ الماءُ النّارَ

“Sedekah bisa mengahapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmdzi no. 2616).

3. Melindungi diri dari neraka.

Rasulullah ﷺ bersabda:

فاتَّقُوا النّارَ ولَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ

“Lindungilah diri kalian dari api neraka walaupun hanya dengan bersedekah sepotong kurma.” (HR. Bukhari no. 7512).

4. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di padang mahsyar.

Rasulullah ﷺ bersabda:

كُلُّ امْرِئٍ فِي ظِلِّ صَدَقَتِهِ حَتّى يُفْصَلَ بَيْنَ النّاسِ

Setiap orang akan dinaungi oleh sedekahnya sampai diputuskan urusan semua manusia.” (HR. Ahmad no. 17332).

5. Menghilangkan penyakit hati.

Hati yang keras disebabkan oleh banyaknya penyakit hati, bisa dilembutkan dengan memperbanyak sedekah. Rasulullah ﷺ bersabda:

إنْ أرَدْتَ أنْ يَلِينَ قَلْبُكَ فَأطْعِمِ المِسْكِينَ وامْسَحْ رَأْسَ اليَتِيمِ

“Jika kamu ingin melembutkan hati, beri makanlah orang miskin, dan usaplah kepala anak yatim.” (HR. Ahmad no. 7576).

6. Meraih hakikat keimanan.

Allah ﷻ berfirman:

لَن تَنَالُواْ ٱلۡبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُواْ مِمَّا تُحِبُّونَۚ وَمَا تُنفِقُواْ مِن شَيۡءٖ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٞ 

“Kamu sekali-kali tidak akan meraih keimanan (yang sempurna), sampai kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. [Al ‘Imran:92].

7. Surga memiliki pintu khusus untuk orang yang bersedekah.

Dalam sebuah hadits rasulullah ﷺ bersabda ketika menceritakan keadaan penghuni surga:

ومَن كانَ مِن أهْلِ الصَّدَقَةِ دُعِيَ مِن بابِ الصَّدَقَةِ

“Orang-orang yang suka bersedekah akan dipanggil melewati pintu sedekah.” (HR. Bukhari no. 1897)

8. Sedekah akan membersihkan harta.

Rasulullah ﷺ bersabda:

“Wahai para pedagang, sejatinya jual beli sering dicampuri perkataan sia-sia dan sumpah palsu, maka iringilah jual beli dengan bersedekah.” (HR. Abu Dawud no. 3326).

9. Sebab kesembuhan dari penyakit.

Rasulullah ﷺ bersabda:

داوُوا مَرْضاكُمْ بِالصَّدَقَةِ

Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah”. (HR. Baihaqy no. 3280).

Pernah suatu ketika Abdullah bin Mubarak didatangi oleh seseorang, dan orang tersebut bercerita bahwa dia memiliki luka dilututnya dari 7 tahun yang lalu. Orang tersebut telah mencoba berbagai pengobatan , dan mendatangi banyak dokter, namun lukanya tidak kunjung sembuh. Abdullah bin Mubarak pun memberikan nasihat kepada orang tersebut:

اذْهَبْ فانْظُرْ مَوْضِعًا يَحْتاجُ النّاسُ إلى الماءِ فاحْفُرْ هُناكَ بِئْرًا فَإنِّي أرْجُو أنْ تَنْبُعَ هُناكَ عَيْنٌ ويُمْسِكُ عَنْكَ الدَّمُ

“Pergi dan carilah sebuah tempat yang disitu orang-orang membutuhkan air, lalu galilah sebuah sumur disana, aku berharap ditempat tersebut keluar mata air, dan lukamu pun sembuh” Orang tersebut pun pergi dan mencoba resep dari Ibnu Mubarak, dan dia pun sembuh. (Syu’abul Iman : 3109).

10. Mendapatkan do’a dari para malaikat.

Dalam sebuah hadits rasulullah ﷺ bersabda:

ما مِن يَوْمٍ يُصْبِحُ العِبادُ فِيهِ إلّا مَلَكانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أحَدُهُما: اللَّهُمَّ أعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ويَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Pada setiap pagi, malaikat akan turun kepada para hamba, lalu salah satu malaikat berdoa: Ya Allah, gantilah harta orang yang berinfak. Sedangkan malaikat yang satunya berdoa: Ya Allah, binasakanlah harta orang yang kikir.” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010)

Itulah diantara keuntungan – keuntungan yang akan dirasakan oleh orang yang ikhlas dalam sedekahnya. Semoga Allah memudahkan kita untuk masuk ke dalam golongan orang-orang yang ringan tangan untuk bersedekah di jalan Allah ﷻ.

Disusun oleh :
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله
Kamis, 13 Dzul Qa’idah 1442 H / 24 Juni 2021 M



Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى 
klik disini

Baca Juga :  Hukum Memblokir Jalan Umum Karena Ada yang Meninggal

Ustadz Muhammad Ihsan, S.Ag., M.HI.

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2011 – 2015, S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta Hukum Islam 2016 – 2021 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Syaikh Sulaiman & Syaikh Sholih As-Sindy di Malang 2018, Beberapa dars pada dauroh Syaikh Sholih Al-’Ushoimy di Masjid Nabawi, Dauroh Masyayikh Yaman tahun 2019, Belajar dengan Syaikh Labib tahun 2019 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Kegiatan bimbingan islam

Related Articles

Back to top button