Keluarga

Tambahan Nama Anak Dengan Marga, Boleh?

Pendaftaran Mahad Bimbingan Islam

Tambahan Nama Anak Dengan Marga, Boleh?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Tambahan Nama Anak Dengan Marga, Boleh? selamat membaca.

Pertanyaan:

Bismillah, apakah pemberian nama keluarga atau marga pada anak diperbolehkan? Atau sebaiknya cukup satu kata saja? Terimakasih

Ditanyakan oleh Santri Mahad Bimbingan Islam


Jawaban:

Bismillah, tidak diragukan lagi bahwa masalah memberi nama ini termasuk masalah yang penting dalam kehidupan manusia; karena nama itu menjadi tanda dan bukti bagi yang punya nama tersebut, juga menjadi hal yang mendesak agar saling bisa memahami antar sesama, dari dan untuknya.

Nama menjadi hiasan bagi pemiliknya, manjadi wadah, syiar dan julukan baginya, baik di dunia maupun di akhirat. Sebuah kebanggaan terhadap agama, agar merasa bahwa dia termasuk bagian dari pemeluk agama Islam ini.

Nama menurut kebiasaan manusia mempunyai gambaran dan petunjuknya, bagi mereka nama laksana pakaian, jika terlalu pendek dianggap tidak baik dan jika terlalu panjang dianggap tidak baik juga.

Baca Juga:  Hukum Talak Tanpa Sepengetahuan Istri?

Hukum asal dari sebuah nama adalah mubah dan boleh, karenanya bila tidak ada larangan terhadap penamaannya dan mengandung makna yang baik maka boleh memberikan nama lebih dari suku kata.

Walaupun sebagian masyarakat seperti yang dilakukan oleh bangsa arab atau sebagian daerah di Indonesia mencukupkan diri dengan satu kata yang bagus dan mengandung makna yang baik, seperti Muhammad, Abdullah, Thalhah, Hindun dan sebagainya.

Juga termasuk di dalamnya untuk memberikan nama dengan tambahan marga dibelakangnya, baik pada nama tetap atau sekedar nama julukan /panggilan sebagai tambahan dari nama aslinya.

Wallahu a`lam Silahkan membuka link berikut dalam adab memberikan nama:

https://bimbinganislam.com/aturan-pemberian-nama-anak-menurut-islam-dan-sesuai-sunnah/

https://islamqa.info/id/answers/7180/adab-adab-memberi-nama-anak

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Mu’tashim, Lc. MA. حفظه الله
Rabu, 11 Dzulqa’dah 1444H / 31 Mei 2023 M 


Ustadz Mu’tashim Lc., M.A.
Dewan konsultasi BimbinganIslam (BIAS), alumus Universitas Islam Madinah kuliah Syariah dan MEDIU
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Mu’tashim Lc., M.A. حفظه الله klik di

Ustadz Mu’tasim, Lc. MA.

Beliau adalah Alumni S1 Universitas Islam Madinah Syariah 2000 – 2005, S2 MEDIU Syariah 2010 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Syu’bah Takmili (LIPIA), Syu’bah Lughoh (Universitas Islam Madinah) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Taklim di beberapa Lembaga dan Masjid

Related Articles

Back to top button