Seorang istri yang shalihah hendaknya menjadi sebab masuknya suami ke surga

 

Pertanyaan :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulillah saya dan keluarga sudah mengenal sunnah, meskipun tentu masih banyak kekurangan disana-sini. Yang saya tanyakan ialah bagaimana menasehati suami saya yang masih suka mendengarkan musik?

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

(Dari Hamba Allah di Bekasi Anggota Grup WA Bimbingan Islam T05 G-27)

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Seorang istri yang shalihah hendaknya menjadi sebab masuknya suami ke surga dan dijauhkannya dari neraka. Pernikahan adalah ikatan yang kokoh antara suami dan istri untuk saling mencintai, menyayangi, dan saling menolong dalam kebaikan dan istiqamah. Diantara langkah-langkah mengajak suami kepada kebaikan adalah sebagai berikut:

Hendaknya ibu mengikhlaskan niat dalam semua amal dan ibadah karena Allah semata, dan senantiasa bersyukur kepada Allah yang telah mengaruniakan hidayah kepada ibu dan keluarga, berdoalah agar Allah menguatkan hidayah dan istiqamah kepada ibu dan keluarga.

Senantiasa bersabar untuk mengingatkan (menasehati) suami agar selalu bertakwa kepada Allah, melaksanakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya.

Ketika menasehati suami hendaklah mendahulukan perkara-perkara yang lebih penting (besar) dalam islam, seperti tauhid, rukun-rukun islam dan kewajiban-kewajiban yang lain, diantaranya keharusan meninggalkan musik. Sampaikan larangan musik baik dari Al-Qur’an, Sunnah, maupun perkataan para ulama’ dengan cara hikmah. Dan jangan menasehatinya di depan anak-anak ataupun orang lain, karena ini akan menberatkannya untuk menerima hidayah.

Motivasilah suami dan keluarga untuk senantiasa thalabul ‘ilmi (mencari ilmu syar’i) sehingga akan bertambah ilmu dan amalnya.

Laksanakan semua kewajiban ibu terhadap suami dan keluarga dengan sebaik-baiknya dan kerjakanlah perkara-perkara yang diridhai Allah dan disukai mereka, serta tampakkan teladan yang baik kepada mereka, hal ini akan mempermudah mereka untuk menerima ajakan ibu dalam kebaikan. Bersikaplah lemah lembut kepada mereka, pepatah arab mengatakan: “Jadilah kamu bumi untuk dia (suami), maka dia akan menjadi langit untukmu”.

Ciptakan suasana di rumah suasana islami dan tegak di atas sunnah. Radio , televisi, majalah, dan buku sunnah bisa memperindah suasana tersebut. Hangatkan suasana rumah dengan berbagai macam ibadah kepada Allah.

Demikian pula kerabat dan sahabat yang shalih bisa menjadi sebab suami mendapatkan hidayah, maka bergaullah dengan mereka, dengan bertanya tentang agama, ziyarah, atau mengundangnya ke rumah.

Semoga Allah limpahkan hidayah dan taufiq kepada kita semuanya.

Konsultasi Bimbingan Islam

Ustadz Muhammad Romelan