Shahihkah Hadits Amalan Surat Al-Hasyr Di Pagi Hari

Shahihkah Hadits Amalan Surat Al-Hasyr Di Pagi Hari

Shahihkah Hadits Amalan Surat Al-Hasyr Di Pagi Hari

Pertanyaan:

بسم الله الرحمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, apakah benar jika kita istiqamah mengamalkan dalam membaca tiga ayat terakhir surat Al Hasyr di pagi hari, maka ketika ia wafat ia mendapatkan pahala seperti orang mati syahid? Mohon penjelasannya.

جَزَاكَ الله خَيْرًا

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS T08 -G29


Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ الله

Alhamdulillāhi rabbil ālamīn

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi waman tabi’ahum bi ihsānin Ilā yaumil Qiyāmah. Amma ba’du

Afwan Wajazākallāh  khairan katsiran atas pertanyaan dan do’a yang antum sampaikan, kita memohon kepada Allāh taufiq-Nya.

Imam At-Tirmidzi meriwayatkan hadits tentang mengamalkan dalam membaca tiga ayat terakhir surat Al Hasyr dengan nomor 2922, dan dinukilkan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirnya, namun setelah meriwayatkan hadits tersebut beliau (Al-Imam At-Tirmidzi) mengatakan :

هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ، لاَ نَعْرِفُهُ إِلاَّ مِنْ هَذَا الوَجْهِ

Hadits ini gharib (asing), kami tidak mengetahuinya kecuali dari jalan ini saja.

Dan Syaikh Al-Albani juga mendhaifkan hadits ini, karena dalam hadits tersebut ada seorang rawi yang bernama Khalid bin Thuhmaan (Abul ‘Alaa Al-Khaffaf), Ibnu Ma’in berkata tentangnya : dia adalah seorang yang dhaif, sejak 20 tahun sebelum meninggalnya sudah sering mencampur adukan hadits. Namun sebelum itu beliau terpercaya, sampai-sampai beliau bisa “disetir” oleh orang-orang yang datang kepadanya membawa hadits.

Adapun redaksi hadits yang dimaksud adalah sebagai berikut :

مَنْ قَالَ حِينَ يُصْبِحُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ: أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ العَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ وَقَرَأَ ثَلاَثَ آيَاتٍ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الحَشْرِ وَكَّلَ اللَّهُ بِهِ سَبْعِينَ أَلْفَ مَلَكٍ يُصَلُّونَ عَلَيْهِ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ مَاتَ فِي ذَلِكَ اليَوْمِ مَاتَ شَهِيدًا، وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُمْسِي كَانَ بِتِلْكَ الْمَنْزِلَةِ.

“Barangsiapa membaca tiga kali di pagi hari, A’UUDZU BILLAAHI MINASY SYAITHAANIR RAJIIM kemudian membaca tiga ayat terakhir surat Al Hasyr, maka dengannya Allah akan menugaskan tujuh puluh ribu malaikat untuk mendoakannya hingga sore hari dan bila ia meninggal pada hari itu, ia mati dalam keadaan syahid dan barangsiapa mengucapkannya di sore hari, kedudukannya sama seperti itu.”

Jika haditsnya dhaif, tentu kita belum bisa mengamalkan amalan istiqamah berupa membaca tiga ayat terakhir surat Al Hasyr ini. Dan alhamdulillāh amalan dengan pahala besar dan yang haditsnya shahih masih cukup banyak.

Wallāhu a’lam, Wabillāhittaufiq

Dijawab dengan ringkas oleh :
👤 Team Tanya Jawab Bimbingan Islam
📆 Selasa, 26 Rabi’ul Awwal 1440 H/ 4 Desember 2018M

CATEGORIES
Share This

COMMENTS