Nikah

Orang-Orang Yang Belum Mampu Menikah, Siapakah Mereka?

Orang-Orang Yang Belum Mampu Menikah, Siapakah Mereka?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan orang-orang yang belum mampu menikah, siapakah mereka? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamualaikum Ustadz. Rasulullah () bersabda : “Karena (menikah) itu lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu obat pengekang nafsunya” (HR. Al-Bukhari, No. 5056 & Muslim, no. 1400)

Di dalam hadist tersebut dikatakan “barang siapa yang belum mampu (menikah)”, pertanyaan saya, siapa saja kategori orang-orang yang belum mampu menikah tersebut, ustadz? Jazakallahukhairan barakallahu fiik.

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS melalui Grup WA)


Jawaban:

Wa’alaikumussalam Warahmatullah Wabarakatuh

Baca Juga:  Ketentuan Boleh Tidak Menghadiri Walimah

Orang yang belum mampu menikah itu, seperti yang sedang sakit impotensi dan menurut keterangan dokter dia (laki-laki ini) tidak akan mampu memenuhi kebutuhan biologis istrinya, atau yang belum punya mahar pemberian untuk wanita, atau yang belum baligh tapi syahwatnya menggelora, dan alasan syar’i lain yang dibenarkan dari menunda sebuah pernikahan.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag.
حفظه الله
Kamis, 1 Dzulhijjah 1443 H/ 30 Juni 2022 M


Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

Baca Juga:  Hukum Mencintai Suami Orang

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button