Home Konsultasi Keluarga Nasihat Bagi Suami Istri yang LDR

Nasihat Bagi Suami Istri yang LDR

Nasihat Bagi Suami Istri yang LDR
Para pembaca Bimbinganislam.com yang baik hati berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang nasihat bagi suami istri yang LDR.

Nasihat Bagi Suami Istri yang LDR

Para pembaca Bimbinganislam.com yang baik hati berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang nasihat bagi suami istri yang LDR.
Silahkan membaca.

Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

 

Ustadz, Saya mau bertanya.
Ada seorang istri. Dia adalah anak tunggal. Suaminya merantau, sekian bulan sekali pulang. Pernikahan mereka (yang belum genap satu tahun) tidak disetujui karena kriteria ibunya yang sangat duniawi. Ibunya sangat awam. Saat suami tidak di rumah, ibunya sering kali mengolok dan mengatai suaminya, dia sering menangis atas perkataan ibunya. Atas kebiasaan ibunya yang seperti itu, lama-lama dia merasa tidak krasan dan tidak betah. Haruskah dia bersabar dan tetap di rumah? Atau bolehkah dia meninggalkan rumah, kontrak/ikut suami? Mohon solusinya.

Baca Juga:  Ibu Mandi Bareng Bayi Laki-Laki

(Disampaikan oleh Fulanah, sahabat BiAS).


Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du
Ayyuhal  Ikhwan wal Akhwat baarakallah fiikum Ajma’in.

 Laksana Pakaian Dengan Badan

Gambaran hubungan suami istri yang ideal telah Allah Ta’ala terangkan di dalam Al-Qur’an, di antaranya laksana pakaian dengan badan, sebagaimana firman-Nya yang mulia,

هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ

“Mereka (istri) itu adalah pakaian kalian, (wahai suami). Dan kalian (suami) adalah pakaian bagi mereka (istri-istri kalian).” (QS. Al Baqarah: 187).

Berdasarkan ayat di atas, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyampaikan bahwa antara suami dengan istri itu sebagaimana hubungan mutualisme antara pakaian dengan badan. Dan pakaian itu dekat (tidak jauh dari badan), artinya jika suami dan istri ingin memiliki hubungan yang harmonis dan ideal, maka jangan jauh-jauh dari makna ini.

Baca Juga:  Lebih Utama Sedekah Ke Rohingya Atau Ke Keluarga Sendiri

Tidak Dianjurkan

Hubungan jarak jauh dengan suami (Long Distance Relationship/ LDR) tidak dianjurkan dan sangat disarankan untuk dijauhi, karena adanya LDR menyebabkan keduanya jauh sehingga tidak bisa menjadi pakaian satu sama lain. Pakaian yang baik itu dekat, dekat secara fisik dan dekat di hati. Maka tinggallah dengan suami, dan mendekat kepadanya.

Adapun persoalan orang tua atau dengan dengan ibu kandung, tetap bergaullah dengan mereka dengan baik, dan terus doakan ia agar mendapat petunjuk. Semoga Allah Ta’ala memberikan taufiq.

Wallahu Ta’ala A’lam.

 

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Selasa, 22 Sya’ban 1442 H/ 6 April 2021 M



Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

Baca Juga:  Bolehkah Berpindah - Pindah Mazhab?