Mimpi Bertemu Simbol Mata Dajjal

Mimpi Bertemu Simbol Mata Dajjal

Mimpi Bertemu Simbol Mata Dajjal

Para pembaca Bimbinganislam.com, Berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan mimpi bertemu simbol mata dajjal, berikut pembahasannya di bawah ini


Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz ana mau tanya adakah penjelasan kalau kita mimpi bertemu dengan simbol mata dajjal ..?
Jika ada mohon penjelasannya..

جزاكم اللّٰه خيرا

(Disampaikan oleh Admin Bias N10 G-15)


Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.

Ayyuhal Ikhwan wal Akhwat Baarakallah Fiikum Jami’an

Di dunia sekarang ini (kecuali Kiamat kubro) tidak ada yang pernah melihat mata dajjal, kecuali sahabat yang mulia Tamim ad-Dari yang bertemu Dajjal saat dia terdampar di sebuah pulau. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam membenarkan laporan sahabat Tamim ad-Dari tentang pertemuannya dengan Dajjal di pulau tersebut. Dalam cuplikan itu, Tamim mengatakan,

فانطلقنا سراعا، حتى دخلنا الدير، فإذا فيه أعظم إنسان رأيناه قط خلقا

“Kemudian kami berjalan cepat, sampai kami memasuki bangunan tempat ibadah itu. Ternyata di sana ada manusia dengan ukuran paling besar yang pernah kulihat…” (HR. Muslim, no. 2942).

Berkaitan dengan Mimpi Bertemu Simbol Dajjal

Maka bagaimana mungkin anda bermimpi dan mengetahui bahwa dalam mimpi itu adalah simbol mata Dajjal, terus fisiknya yang lain dimana?

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri sebagai Rasul yang terakhir, Penutup risalah kenabian, turun pada beliau wahyu dari langit, tidak pernah mendeskripsikan secara eksplisit dan mendalam tentang simbol, ukuran, tipe, corak, bulu, warna mata, besar alis mata dajjal secara khusus dan detail, yang ada adalah gambaran dajjal secara umum (bukan hanya mata saja).

Berikut ini Beberapa Hadits (Tentang Dajjal) di Antaranya:

1. Dari Sahabat Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma, beliau menuturkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bercerita tentang Dajjal:

فَإِذَا رَجُلٌ جَسِيمٌ أَحْمَرُ جَعْدُ الرَّأْسِ أَعْوَرُ العَيْنِ، كَأَنَّ عَيْنَهُ عِنَبَةٌ طَافِيَةٌ، قَالُوا: هَذَا الدَّجَّالُ

“Tiba-tiba saya melihat ada sosok laki-laki yang gempal, kulitnya merah, rambutnya sangat keriting, matanya buta sebelah, seolah bola matanya seperti buah anggur yang keluar. Para malaikat mengatakan: ‘Itu Dajjal’.” (HR. Bukhari, no. 7128)

2. Dari sahabat Ubadah bin as-Shamit radhiallahu ‘anhu, beliau bercerita bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

إن المسيح الدجال رجل قصير، أفحج، جعد، أعور، مطموس العين، ليست بناتئة ولا حجراء

“Sesungguhnya Dajjal adalah orang yang agak pendek, jalannya tidak normal, rambut ikal, buta sebelah, matanya terhapus, tidak timbul dan tidak masuk ke dalam.” (HR. Ahamd, no. 22764, Abu Daud, no. 4320, dan dinilai sebagai hadits shahih oleh al-Albani).

3. Dari sahabat Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasul Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَا بُعِثَ نَبِيٌّ إِلَّا أَنْذَرَ أُمَّتَهُ الأَعْوَرَ الكَذَّابَ، أَلاَ إِنَّهُ أَعْوَرُ، وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ، وَإِنَّ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مَكْتُوبٌ كَافِرٌ

“Tidaklah diutus seorang nabi, kecuali dia ingatkan kaumnya tentang si buta sebelah, sang pendusta. Ketahuilah Dajjal itu buta sebelah dan Tuhan kalian tidak buta sebelah. Dan di antara dua matanya tertulis: Kafir.” (HR. Bukhari, no. 7131).

Lalu Bagaimana Dengan Mimpi yang telah di Alami?

Maka yakinlah dalam mimpi anda tersebut, itu bukanlah simbol mata Dajjal! Melainkan apa yang anda dengar di kehidupan nyata dari para penceramah atau video hayalan tentang Dajjal yang tidak valid sumbernya bukan dari keterangan wahyu (Al Qur’an dan Hadits yang shahih).

BACA JUGA:
Inilah Ciri-Ciri Kemunculan Imam Mahdi di Akhir Zaman
Penjelasan Islam Akan Kembali Menjadi Asing Setelah Zaman Imam Mahdi
Hadits Umur Umat Islam

Semua hadits dan dalil-dalil yang ada menunjukkan bahwa Dajjal adalah sosok yang konkrit, bukan abstrak, bukan sistem, bukan hegemoni. Karena Dajjal memiliki ciri fisik sebagaimana layaknya manusia (bukan hanya mata saja apatah lagi hanya sekedar simbol?).

Semoga Allah Ta’ala memberikan petunjuk dan Taufiq kepada kaum muslimin.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله



Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS