ArtikelKonsultasiMuamalah

Menyoal Aplikasi Vtube, Halal Atau Haram?

Menyoal Aplikasi Vtube, Halal Atau Haram?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki adab dan akhlak yang luhur berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang menyoal aplikasi Vtube, halal atau haram?
Silahkan membaca.


Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga Allah Azza wa Jalla selalu menjaga Ustadz & keluarga.

Ustadz izin bertanya. Bagaimana hukumnya menggunakan aplikasi Vtube?
Mirip dengan youtube namun vtube ini menghasilkan keuntungan(mendapat uang) caranya dengan menonton iklan setiap hari. Bagaimana hukumnya boleh atau tidak?

Syukron wa jazaakallaahu khairan ustadz atas jawabannya..

(Disampaikan oleh Fulan, Member grup WA Bimbingan Islam – BiAS)


Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du.

Menyoal Aplikasi Vtube?

Secara hukum asal, boleh saja memakai aplikasi yang tidak mengandung pelanggaran agama. Hanya saja akan menjadi lain soal, ketika ada orang menggunakan sebuah aplikasi, misalkan Vtube, kemudian mendapatkan uang dengan sebab memakai aplikasi tersebut dengan berbagai fitur di dalamnya, maka timbul pertanyaan??
Apakah semudah itu mendapatkan uang, termasuk hanya dengan menonton iklan? apakah konten iklannya ada pelanggaran syariat, semisal mengumbar aurat, iklan jual beli khomr walaupun kadar 5% saja, iklan Bank ribawi dan semisalnya, maka semua ini tidak dibenarkan oleh ajaran Islam yang mulia.

Dan masuk pertanyaan kedua, Perusahaan mana yang dermawan sekali, kita tonton iklannya, lantas ia kasih kita uang? Padahal kita tidak membeli barang/jasa yang diiklankan.

Adapun poin melihat iklan dalam aplikasi ini, apakah benar kita melihatnya berulang kali secara keseluruhan iklan atau sekedarnya saja sambil mengerjakan urusan lain??
jika tidak, maka tidak murni menjual jasa melihat iklan.

Apakah ada sistem ponzi dalam aplikasi ini?
Ada pendaftaran, member pertama dengan yang belakangan tidak sama dalam mendapatkan hasil uang (poin), padahal sama-sama melihat iklan 100 kali? atau kah sekedar memperbanyak anggota member dengan syarat jumlah tertentu? Dan yang paling banyak anggota membernya, dia lah yang paling banyak dapat keuntungan. ini adalah poin kezaliman.

Kesimpulan

Maka jika ciri-ciri yang disebutkan di atas terdapat dalam aplikasi Vtube ini, maka hal ini tidak dibolehkan karena mengandung unsur kezaliman dan ketidak jelasan pendapatan berdasarkan pekerjaan murni, bukan berdasarkan ketentuan memperbanyak anggota member dengan jumlah tertentu atau lebih dikenal dengan pendekatan istilah ponzi, juga sistem ini berpotensi merusak akad yang telah ditetapkan dalam syariat yang mulia, yaitu bisnis berselubung video periklanan dengan pendapatan membernya dari uang yang disetor oleh member baru (walaupun kemudian diubah dalam bentuk poin). Tanpa keberadaan member baru, view point tidak bisa dicairkan, yang secara tidak langsung bertentangan dengan pengakuan aplikasi ini (Vtube) yang membayar anggotanya berbekal sharing hasil kerja sama periklanan, alias terdapat unsur penipuan.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah pernah menjelaskan,

أَنَّ الأَصْلَ فِي المُعَامَلاَتِ الحِلُّ وَالصِحَّةُ مَالَمْ يُوْجَدْ دَلِيْلٌ عَلَى التَّحْرِيْمِ وَالفَسَادِ

“Sesungguhnya hukum asal dalam muamalat adalah halal dan sah selama tidak ada dalil yang menunjukkan diharamkan dan menunjukkan rusaknya.”
(lihat Kitab Syarh Al-Mumti’, 9/120)

beliau juga berkata,

مَا دَامَ لَيْسَ فِيْهِ ظُلْمٌ وَلاَ غَرَرٌ وَلاَ رِبًا فَالأَصْلُ الصِحَّةُ

“Selama dalam akad tidak terdapat unsur kezaliman, gharar (ada unsur ketidakjelasan), dan riba, maka akad tersebut sah.”
(lihat Syarh Al-Mumti’, 9/120, idem)

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Selasa, 23 Rabiul Akhir 1442 H / 08 Desember 2020 M



Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

Baca Juga :  Hutang Puasa Untuk Ibu Yang Masih Menyusui

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button