Muamalah

Menerima Bayaran dari Pekerjaan di Luar Jobdesk

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan tentang bolehkan menerima bayaran dari pekerjaan di luar jobdesk. Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz.

Semoga ustadz sekeluarga dan kaum muslimin selalu dalam lindungan Allah.

Saya ingin bertanya tentang muamalat.

Saya diberikan tugas oleh perusahaan (by general manager) untuk menjadi salah satu tim pembebasan lahan masyarakat (di luar jobdesk saya).

GM saya diberi kuasa oleh direktur untuk membebaskan lahan dengan harga dari perusahaan 725 juta. Terjadi negosiasi dengan pemilik lahan harga deal 450 juta. Ada margin yang didapat oleh GM tersebut 725-450 = 275 juta.

Rencananya margin tersebut akan diambil oleh GM dan dibagikan sebagian kepada tim pembebasan termasuk saya.

(Kami tim pembebasan di lapangan tidak tahu apakah direktur tahu dengan pembagian tersebut/tidak)

Apakah halal saya menerima uang tersebut ustadz?

Selama proses pembebasan lahan kami tidak ada uang akomodasi khusus pekerjaan tersebut. Apakah halal bagi saya meminta uang akomodasi dari perusahaan dalam hal ini melalui GM (general manager)?

Jazakallahu khairan ustadz. Barakallahu fiik.


Jawaban:

Boleh bagi Anda menerima gaji dari kerja dan usaha Anda di luar jobdesk berdasarkan jerih payah Anda dalam tugas tambahan ini, dan hal ini masuk akad jua’alah (wallahu a’lam), dengan catatan semuanya digaji di akhir ketika tugas tuntas dan selesai, bukan di awal, oleh karena itu Anda tidak dibenarkan mengambil akomodasi sejak awal karena ini bukan kerja reguler, tapi tambahan saja menurut salah satu pendapat ulama yang paling kuat.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Selasa, 24 Rajab 1443 H/ 25 Februari 2022 M


Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button