Ibadah

Memburu Waktu Mustajab Di Hari Jum’at, Ini Caranya!

Memburu Waktu Mustajab Di Hari Jum’at, Ini Caranya!

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan memburu waktu mustajab di hari jum’at, ini caranya! Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamu’alaikum ustadz, saya mau tanya pada saat sholat jumat bagaimana cara kita doa di antara jeda khutbah pertama sedangkan waktunya terlalu singkat dan juga jedanya itu di isi dengan sholawat? Apa itu diperbolehkan? Terima kasih jazakallahukhairan katsiran.

(Ditanyakan oleh Santri Kuliah Islam Online Mahad BIAS)


Jawaban:

Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Untuk melakukan doa di antara dua khutbah jumat hukumnya diperbolehkan, sebagai upaya untuk memanfaatkan/memburu waktu mustajab yang ada di hari jumat, walaupun sejatinya secara perbuatan hal ini tidak ada periwayatan/penukilan secara khusus baik dari Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam maupun dari para sahabatnya, disebutkan dalam fatwa islamqa di bawah bimbingan Syaikh Muhammad Solih al-Munajjid:

Baca Juga:  Bolehkan Berqurban Untuk Donasi di Daerah yang Sedang terkena Bencana?

لم يَرِد عن النبي صلى الله عليه وسلم ، ولا عن الصحابة الكرام – فيما نعلم – : الدعاء أو الذكر بكلام مُعَيَّنٍ بين خطبتي الجمعة ، وإنما ذكر بعض أهل العلم استحباب الدعاء بين الخطبتين ، تحريًّا لساعة الإجابة التي في يوم الجمعة ،

ولكن لما لم يكن هذا الدعاء واردا عن النبي صلى الله عليه وسلم ، أو عن الصحابة الكرام ، فلا ينبغي تأكيده وجعله سنة لازمة ، كما لا يجوز رفع الصوت به والتشويش على الحضور ، وقد نبه على ذلك بعض أهل العلم .

“Doa dan dzikir dengan bacaan tertentu di antara dua khutbah jumat belum pernah ada penukilannya baik dari Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam maupun dari para sahabatnya.

Baca Juga:  Maksud "Mengharap Wajah Allah"

Hanya saja para ulama menyebutkan anjuran untuk melakukan doa di antara dua khutbah sebagai upaya berburu waktu mustajab dalam doa di hari jumat.

Namun karena doa secara khusus ini tidak pernah datang dari Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam, juga tidak dari para sahabat, maka selayaknya tidak dijadikan terlalu ditekankan untuk dikerjakan, atau dianggap sebagai sunnah yang harus, sebagaimana tidak perlu mengangkat suara (tatkala doa), dan mengganggu jamaah lainnya, yang demikian telah diingatkan oleh para ulama”.

Lihat: https://islamqa.info/

Jadi jika Anda menghendaki untuk berdoa, boleh saja memanfaatkan waktu tersebut untuk berdoa, dalam rangka memburu waktu mustajab di hari jumat, dan doanya bebas silakan, karena memang tidak ada contoh secara spesifik dalam hal ini,

Wallahu a’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله
Rabu, 8 Dzulqo’dah 1443 H/8 Juni 2022 M


Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله
Beliau adalah Alumnus S1 Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta dan S2 Hukum Islam di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله klik disini

Ustadz Mu’tasim, Lc. MA.

Beliau adalah Alumni S1 Universitas Islam Madinah Syariah 2000 – 2005, S2 MEDIU Syariah 2010 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Syu’bah Takmili (LIPIA), Syu’bah Lughoh (Universitas Islam Madinah) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Taklim di beberapa Lembaga dan Masjid

Related Articles

Back to top button