Memakan Ayam Yang Tidak Diketahui Penyembelihannya

Memakan Ayam Yang Tidak Diketahui Penyembelihannya

Pertanyaan:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Apa hukumnya memakan ayam dan daging yang kita tidak tahu apakah sembelihannya sesuai dengan syariat Islam , seperti Ayam KFC atau Mc donald dan kambing guling (bagaimana jika memang tinggalnya di negara Kanada yang kebetulan di sana sudah banyak menggunakan mesin pemotongan yang modern) , dan bagaimana jika ada label halal yang sudah disahkan menurut ulama di sana atau komunitas muslim di negara tersebut.

Karena yang saya tau di negara maju seperti Kanada semua sudah menggunakan mesin pemotongan / penjagalan modern, tentunya dengan mesin karena kebutuhan ayam atau daging tersebut sangat tinggi tidak mungkin menggunakan pemotongan manual satu persatu disembelih, saya berharap ada penjelasan detail jadi saya tidak bingung atau ragu untuk memakannya, karena sebentar lagi saya dan keluarga akan pindah ke negara Kanada In syaa Allah

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS T05 G-33

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Saya akan menjawab sesuai kasus yang ditanyakan. Terkait pemotongan dengan mesin potong, maka telah difatwakan oleh Majma’ul Fiqhil Islamy bahwa hal tersebut sah-sah saja asalkan dilakukan oleh seorang muslim dan ketika dia menyalakan mesin, ia membaca bismillah. Cukup sekali baca bismillah selama mesin tetap menyala, namun bila sempat terhenti, maka harus diulang lagi basmalahnya untuk yang berikutnya.

Dan tentunya, mesin tersebut memotong bagian leher ayam saat ayamnya masih hidup, dan memotong minimal 3 bagian, yaitu salah satu urat nadi, saluran makanan, dan saluran pernapasan.

Namun jika sulit memastikan hal tersebut, maka anda cukup membeli produk yang bersertifikat halal, atau membeli dari seorang penjual makanan yang muslim, karena hukum asal makanan seorang muslim adalah halal, sampai terbukti bahwa ia tidak halal.

Adapun KFC dan Mc Donald dan kambing guling, maka aturannya sama saja. Kalau dibuat oleh seorang muslim yang dikenal baik (bukan sekedar KTP tapi tidak shalat), atau bersertivikat halal dari lembaga yang berwenang, maka silakan dimakan. Namun jika tidak maka jangan dimakan, karena mayoritas orang Kanada bukanlah ahli kitab yang menjalankan aturan mereka dalam hal memproses makanan, namun banyak pula yang atheis dan memproses makanan dengan cara yang tidak halal. Wallaahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam

Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS