Manfaat Mengkonsumsi Talbinah (Gandum Lembut)

Manfaat Mengkonsumsi Talbinah (Gandum Lembut)

Talbinah adalah salah satu thibbun nabawi (obat yang Nabi anjurkan) untuk dikonsumsi oleh orang yang sakit. Apa manfaat dan bagaimana cara membuat talbinah? Simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat Mengkonsumsi Talbinah (Gandum Lembut)

Tanya Jawab Grup WA Admin Akhwat Bimbingan Islam

Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Afwan ustadz, saya ingin bertanya, Apa manfaat dari bubuk gandum asli?

Tadi saya mengikuti acara ruqyah syar’i, bubuk tersebut bisa menghilangkan kegelisaan, stres dan gunda gulana, apa betul begitu ustadz ?

جَزَاكَ الله خَيْرًا

(Fulanah, SAHABAT BiAS T08 G-50)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Bismillah

Alhamdulillāh

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi waman tabi’ahum bi ihsaanin ilaa yaumuddiin. Ammad ba’du

nas-alullah taufiq wassadaad fiil Ijaabah wal jawab

Makanan dari gandum yang mungkin dimaksud penanya adalah talbinah. Talbinah merupakan makanan yang terbuat dari tepung gandum, biasanya dibuat dengan menambahkan susu dan madu atau juga bubuk barley kering. (Sumber: Wikipedia)

Imam Al-Bukhari membuat bab dalam shahihnya dengan nama bab talbinah, kemudian beliau meriwayatkan hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha:

عَنْ عَائِشَةَ، زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَنَّهَا كَانَتْ إِذَا مَاتَ المَيِّتُ مِنْ أَهْلِهَا، فَاجْتَمَعَ لِذَلِكَ النِّسَاءُ، ثُمَّ تَفَرَّقْنَ إِلَّا أَهْلَهَا وَخَاصَّتَهَا، أَمَرَتْ بِبُرْمَةٍ مِنْ تَلْبِينَةٍ فَطُبِخَتْ، ثُمَّ صُنِعَ ثَرِيدٌ فَصُبَّتِ التَّلْبِينَةُ عَلَيْهَا، ثُمَّ قَالَتْ: كُلْنَ مِنْهَا، فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: التَّلْبِينَةُ مُجِمَّةٌ لِفُؤَادِ المَرِيضِ، تَذْهَبُ بِبَعْضِ الحُزْنِ

Dari Aisyah istri Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bahwasanya: Bila salah seorang dari keluarganya meninggal, dan kaum wanita pun berkumpul lalu bubar kecuali pihak keluarganya, beliau menyuruh untuk menyediakan periuk berisikan bubur yang dimasak dari gandum lembut. Kemudian ia membuat campuran daging dan roti dan menuangkan gandum lembut (yang direbus tadi). Setelah itu, Aisyah berkata: Makanlah darinya, karena aku telah mendengar Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Talbinah (bubur gandum lembut) bisa menghimpun hati (menenangkan hati) yang sakit, menghilangkan kesedihan.” (HR. Al-Bukhari no. 5417)

Dan Al-Imam Al-Bukhari juga meriwayatkan kembali dalam shahihnya dengan no. 5689:

أَنَّهَا كَانَتْ تَأْمُرُ بِالتَّلْبِينِ لِلْمَرِيضِ وَلِلْمَحْزُونِ عَلَى الهَالِكِ، وَكَانَتْ تَقُولُ: إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِنَّ التَّلْبِينَةَ تُجِمُّ فُؤَادَ المَرِيضِ، وَتَذْهَبُ بِبَعْضِ الحُزْنِ

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa dia memerintahkan untuk mengkonsumsi talbinah untuk orang yang sakit dan orang yang sedih karena musibah yang menimpanya, dia juga berkata: “Sesungguhnya saya mendengar Rasulullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya talbinah itu dapat menenangkan hati orang sakit dan menghilangkan kesedihan.”

Bagaimana cara membuat talbinah?

Talbinah dibuat dari gandum yang lembut (diayak / disaring) kemudian dicampur dengan 1 gelas air, kemudian dimasak di atas api yang sedang hingga kurang lebih 5 menit. Dan terkadang dicampur dengan 1 sendok madu.

Diantara fungsi dan manfaat dari salah satu thibbun nabawi ini adalah:

  1. Menenangkan pikiran, hati,
  2. Meringankan kesedihan,
  3. Menguatkan hati

Ibnu Hajar rahimahullah berkata: talbinah akan semakin bermanfaat jika semakin lembut, matang, tidak ada yang menggumpal dan tidak ada yang kasar.

Wallahu a’lam

Sumber: Islamqa

Dijawab dengan ringkas oleh:

Ustadz Ratno, Lc
Selasa, 22 Muharram 1440H / 2 Oktober 2018M



Ustadz Ratno, Lc.
Kontributor Bimbingan Islam (BIAS), alumni Universitas Islam Madinah jurusan Hadits
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Ratno حفظه الله  
klik disini

CATEGORIES
Share This

COMMENTS