REPORTASE BiAS – Kajian Kitab Matan Abu Suja di Masjid Al Muhibah Wonocatur Kamis, 16 Rajab 1438 H / 13 April 2017 yang diselenggarakan oleh Bimbingan Islamm dan bekerjasama dengan pengurus Takmir Masjid Al Muhibah yang dihadiri oleh Masyarakat sekitar Masjid dan Member BiAS dengan tujuan memberikan pendidikan fiqih mahdzab syafi’i dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau yang lebih dikenal sebagai Matan Abu Syuja adalah kitab fikih ringkas milik mazhab Syafi’i yang dikarang oleh Al-Qadhi Abu Syuja. Kitab ini disebut juga Al-Ghayah al-Ikhtishar atau Mukhtashar Abu Syuja.nKitab ini banyak dipelajari dipondok-pondok pesantren di Indonesia, karena kebanyakan mengikuti mazhab fikih Imam asy-Syafi’i.

Baca Juga:  Progres Pembangunan Kantor Dakwah Bimbingan Islam

Imam Al-Qadhi Abu Syuja’ menulis kitab ini atas permintaan para muridnya dan teman–temannya dengan tujuan agar orang yang belajar fikih agama dapat mengetahui hukum agama secara singkat dan mudah.

Kitab ini sangat ringkas dan mudah dipahami oleh kalangan awamm, dan Kitab ini terbagi mejadi beberapa bab, di antaranya: Kitab Thaharah, Kitab Salat, Kitab Zakat, Kitab Puasa, Kitab Haji, Kitab Jual Beli dan Mu’amalat Lainnya, Kitab Nikah, Kitab Jinayat, Kitab Hudud, Kitab Jihad, Kitab Perburuan, Penyembelihan, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan Kajian Matan Abu Suja’ ini rutin diselenggarakan setiap hari kamis pukul 16.30 dan terbuka untuk umum, selain itu dalam kajian tersebut juga disediakan iftor / sajian buka oleh pengurus Masjid Al Muhibah

Baca Juga:  Pengumuman Kuis Sahabat Belajar Islam