Kapan Waktu Niat Ketika Wudhu

Kapan Waktu Niat Ketika Wudhu

Pertanyaan :

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Ustadz saya ingin bertanya tentang :

– Kewajiban berniat yang dimaksud apakah harus dilafazkan, apakah harus dengan bacaan khusus, ataukah cukup hanya dalam hati?

– jika sudah berniat di awal saat membasuh tangan apakah perlu diulang lagi ketika membasuh wajah?

syukron wa jazakallahu khoir, ya ustadz.

(Dari Teguh Di Bontang Anggota Grup BIAS NO4 G88).

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

 

Niat itu letaknya di hati dan tidak perlu dilafadzkan atau diucapkan, Syaikhul islam Ibnu Taimiyyah berkata :

نية الطهارة من وضوء ، أو غسل أو تيمم ، والصلاة والصيام ، والزكاة والكفارات ، وغير ذلك من العبادات ؛ لا تفتقر إلى نطق اللسان باتفاق أئمة الإسلام ، بل النية محلها القلب باتفاقهم ، فلو لفظ بلسانه غلطا خلاف ما في قلبه فالاعتبار بما ينوي لا بما لفظ .

“Niat bersuci baik ketika wudhu, atau mandi atau tayammum, shalat dan puasa, zakat, kifarat dan ibadah lainnya tidak membutuhkan untuk diucapkan dengan lisan berdasarkan kesepakatan para imam Islam. Bahkan niat itu letaknya di hati dengan kesepatakan para imam Islam. Jika seseorang melafadzkan niatnya maka ia telah salah dan menyelisihi apa yang ada di hati, karena yang dianggap itu apa yang diniatkan bukan apa yang diucapkan”. (Al-Fatawa Al-Kubra : 1/214).
Sedang waktu untuk berniat ini adalah disunnahkan sesaat sebelum kita berwudhu atau diwajibkan ketika kita mulai melakukan kewajiban pertama ketika wudhu yaitu ketika membasuh tangan. Imam Ibnu Utsaimin berkata :

والنية لها محلان : الأول : تكون فيه سنة ، وهو قبل مسنون الطهارة إن وجد قبل واجب. الثاني : تكون فيه واجبة عند أول الواجبات

“Dan waktu melakukan niat itu ada dua : pertama waktu yang disunnahkan yaitu ketika sesaat sebelum kita melakukan yang sunnah jika ada hal-hal yang diwajibkan. Kedua ketika kita melakukan kewajiban pertama dalam wudhu”. (Asy-Syarhul Mumti’ : 1/140).
Berdasarkan hal ini maka jawaban dari pertanyaan kedua adalah tidak perlu mengulang niat. Wallahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam
Ustadz Abul Aswad Al Bayati

CATEGORIES
Share This

COMMENTS