Ibadah

Iman Melemah dan Bermaksiat, Lakukan Cara Ini!

Iman Melemah dan Bermaksiat, Lakukan Cara Ini!

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan cara menguatkan iman yang melemah dan bermaksiat! Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh. ‘Afwan, izin bertanya. Ana seorang akhwat, orang tua ana sering mengajak makan di luar. Akan tetapi, ketika ana turuti, rasanya iman ana selalu melemah dan saat di luar pun ana sering tergelincir melakukan maksiat. Padahal, orang tua ana terlihat senang dan selalu berharap jika ana bisa ikut makan di luar ketika mereka mengajak. Apa yang sebaiknya ana lakukan?

Jazaakumullah khoir wa barakallahufiikum Ustadz.

(Ditanyakan oleh Santri Kuliah Islam Online Mahad BIAS)

Baca Juga:  Orang Yang Lama Meninggalkan Sholat, Apa Harus Syahadat Ulang?

Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullah wabarokatuh.

Bersabarlah dengan keadaan Anda untuk melayani dan menjadikan orang tua Anda. Berusahalah sebisa mungkin untuk tetap mentaati orang tua.

Terkait dengan efek negatif yang dimunculkan, maka evaluasi kembali penyebab tergelincirnya diri Anda terhadap kemaksiatan, minimalkan atau jauhi sekuatnya bila sebab itu diketahui.

Selama perintah orang tua dhahirnya bukan kemaksiatan, maka tidak ada salahnya berusaha menaatinya. Sambil terus berdoa dan berbenah. Berdoalah kepada Allah untuk bisa menggabungkan kedua perkara yang dianggap baik.

Ada kalanya ceritakanlah perasaan Anda kepada orang tua, sehingga ia bisa mengerti dan mencarikan jalan terbaik untuk bisa membahagiakan Anda dan Anda pun bisa membahagiakannya.

Baca Juga:  Cara Dan Bacaan Dzikir Setelah Shalat Fardhu

Insyaallah tidak ada akhir cerita yang buruk bila dengan niat benar kita ingin membuat senyum manis di dalam kehidupan mereka.

Wallahu a`lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Mu’tashim, Lc. MA. حفظه الله
Kamis, 10 Dzulqo’dah 1443 H/9 Juni 2022 M


Ustadz Mu’tashim Lc., M.A.
Dewan konsultasi BimbinganIslam (BIAS), alumus Universitas Islam Madinah kuliah Syariah dan MEDIU
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Mu’tashim Lc., M.A. حفظه الله klik di sini

Ustadz Mu’tasim, Lc. MA.

Beliau adalah Alumni S1 Universitas Islam Madinah Syariah 2000 – 2005, S2 MEDIU Syariah 2010 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Syu’bah Takmili (LIPIA), Syu’bah Lughoh (Universitas Islam Madinah) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Taklim di beberapa Lembaga dan Masjid

Related Articles

Back to top button