Hukum Memberi Kado Ulang Tahun

Hukum Memberi Kado Ulang Tahun

Pertanyaan :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Afwan saya ingin bertanya mengenai undangan ultah/ulang tahun kalau kita tidak datang tetapi memberikan hadiah berupa kado saja, karena di kirimi makanan, lalu bagaimana hukumnya? dan kita juga tidak memberi ucapan selamat

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

Ditanyakan oleh Sahabat BiAST05 G21-G28 M


Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Tidak boleh seorang menghadiahkan kado kepada orang yang merayakan ulang tahun, karena ini termasuk ke dalam dukungan atau tolong menolong dalam kesalahan (maksiat). Allah berfirman:

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya” (QS. Al Maidah: 2).

Maka semua perkara yang masuk ke dalam dukungan terhadap perkara yang terlarang tidak diperbolehkan.

Merayakan ulang tahun hukumnya terlarang, karena Rasulullah dan para sahabatnya tidak pernah merayakannya, dan ini merupakan kebiasaan orang kafir.

Bahkan Rasulullah mencela orang yang meniru-niru mereka:

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Perayaan tahunan di dalam islam hanya ada dua, yaitu Idul Fithri dan Idul Adha.

Adapun makanan yang diantarkan oleh orang yang berulang tahun, apabila makanan tersebut adalah makanan yang halal dan baik, maka hukumnya boleh untuk diterima dan dimakan, karena acara tersebut tidak menjadikannya berubah menjadi haram.

Konsultasi Bimbingan Islam
Ustadz Muhammad Romelan, Lc.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS