Ibadah

Hukum Membaca Basmalah Sebelum Adzan

Hukum Membaca Basmalah Sebelum Adzan

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan hukum membaca basmalah sebelum adzan. Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamualaikum.

Aapa hukumnya membaca “bismillah” di ketika adzan, dan di ketika makan?

(Ditanyakan oleh Santri Akademi Shalihah)


Jawaban:

Wa’alaikumussalaam warahmatullah wabarakatuhu.

Disebutkan dalam fatwa dari al-Lajnah al-Daimah dari kerajaan Saudi Arabia bahwa tidak ada tuntunan dari Nabi sallallahu alaihi wa sallam yang mengajarkan untuk membaca ‘basmalah’ terlebih dahulu sebelum adzan, teks fatwanya sebagai berikut:

لا نعلم أصلاً يدل على مشروعية التعوذ والبسملة قبل الأذان، لا بالنسبة للمؤذن ولا من يسمعه. وقد ثبت عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: «من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد»

Baca Juga:  Amalan Utama Sesudah Sholat Ashar Di Hari Jum'at

“Kami tidak mengetahui ada dasar/dalil yang menunjukkan disyariatkannya membaca ta’awwudz dan juga basmalah sebelum adzan, tidak untuk muaddzin maupun yang mendengar adzan. Dan sungguh telah valid sebuah hadist dari Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda {Barangsiapa yang mengerjakan amalan yang tidak ada perintah/dasarnya dari kami maka hal tersebut tertolak}”. (al-Lajnah al-Daimah jilid:6 hal:101-102).

Adapun terkait membaca “bismillah” sebelum makan maka memang ada dalilnya, dari A’isyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّه , فَإِنْ نَسِيَ فِي أَوَّله فَلْيَقُلْ: بِسْمِ اللَّه فِي أَوَّله وَآخِر

“Apabila kalian hendak makan, bacalah “bismillah”, jika lupa tidak membacanya di awal, bacalah, “Bismillahi fi awwalihi wa aakhirihi.” (HR. Ahmad 25733, Turmudzi 1977 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Demikian, wallahu a’lam bis showab.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله
Jumat, 18 Dzul’qodah 1443 H/17 Juni 2022 M


Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله
Beliau adalah Alumnus S1 Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta dan S2 Hukum Islam di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله klik di sini

Baca Juga:  Solat Sunnah Rawatib Asar

Ustadz Setiawan Tugiyono, B.A., M.HI

Beliau adalah Alumni D2 Mahad Aly bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bahasa Arab 2010 - 2012 , S1 LIPIA Jakarta Syariah 2012 - 2017, S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta Hukum Islam 2018 - 2020 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah, Dauroh Masyayikh Ummul Quro Mekkah di PP Riyadush-shalihin Banten, Daurah Syaikh Ali Hasan Al-Halaby, Syaikh Musa Alu Nasr, Syaikh Ziyad, Dauroh-dauroh lain dengan beberapa masyayikh yaman dll | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Belajar bersama dengan kawan-kawan di kampuz jalanan Bantul

Related Articles

Back to top button