Muamalah

Hukum Jasa Top Up Games FF ML

Hukum Jasa Top Up Games FF ML

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan Hukum Jasa Top Up Games FF ML. Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamu’alaikum, izin bertanya admin. Kalau usaha jualan pulsa dan top up games (ff, ml dan lain-lain) apakah boleh?

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Instagram Bimbingan Islam)


Jawaban:

Wa’alaikumussalam Warahmatullah Wabarakatuh

Usaha jualan pulsa adalah boleh, karena transaksi ini dihitung jual beli jasa. Jual belinya berupa pembelian jasa yaitu mendapatkan jasa pelayanan telepon dan sms senilai besaran rupiah yang tercantum di hp kita, dengan menggunakan uang, sehingga uang untuk membeli pulsa telepone, internet, sms, dan lainnya, sehingga jumlah uang Rp 50.000 boleh jadi adalah sama dengan nilai pulsa, yaitu Rp 50.000, kurang dari Rp 50.000, atau bahkan lebih dari Rp 50.000.

Baca Juga:  Tentang BPJS Bagaimana Hukumnya

Adapun top up games hukum asalnya adalah boleh, selama games-nya tidak ada pelanggaran syariat atau bukan berisi konten maksiat, seperti judi yang ada dalam games, gambar-gambar games yang mempertontonkan aurat dan perbuatan cabul, dan sebagainya. Maka top up games itu bisa berubah hukum menjadi makruh dan juga haram.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag.
حفظه الله
Senin, 6 Rajab 1443 H/7 Februari 2022 M


Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at
Back to top button