ArtikelIbadah

Hadits-Hadits Tentang Sholat Lima Waktu : Sholat, Puasa, Zakat, Bagian Islam Terpenting Setelah Syahadat

Hadits-Hadits Tentang Sholat Lima Waktu : Sholat, Puasa, Zakat, Bagian Islam Terpenting Setelah Syahadat

HADITS ‘AISYAH:

عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” ثَلَاثٌ أَحْلِفُ عَلَيْهِنَّ، لَا يَجْعَلُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مَنْ لَهُ سَهْمٌ فِي الْإِسْلَامِ كَمَنْ لَا سَهْمَ لَهُ، وَأَسْهُمُ الْإِسْلَامِ ثَلَاثَةٌ: الصَّلَاةُ، وَالصَّوْمُ، وَالزَّكَاةُ، وَلَا يَتَوَلَّى اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَبْدًا فِي الدُّنْيَا فَيُوَلِّيهِ غَيْرَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَلَا يُحِبُّ رَجُلٌ قَوْمًا إِلَّا جَعَلَهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مَعَهُمْ، وَالرَّابِعَةُ لَوْ حَلَفْتُ عَلَيْهَا رَجَوْتُ أَنْ لَا آثَمَ: لَا يَسْتُرُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَبْدًا فِي الدُّنْيَا إِلَّا سَتَرَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ “

Dari Aisyah, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ada tiga hal yang saya bersumpah terhadap ketiganya:

Allah Azza wa Jalla tidak akan menjadikan seseorang yang mempunyai bagian penting dalam Islam seperti orang yang tidak memiliki bagian penting dalam Islam. Bagian-bagian penting dalam Islam ada tiga: shalat, puasa, dan zakat.

Allah Azza wa Jalla tidak membela seorang hamba di dunia, namun di akhirat, Dia justru menyerahkan kepada selain-Nya untuk membelanya.

Seseorang tidak mencintai sekelompok orang, melainkan Allah Azza wa Jalla akan menjadikannya bersama mereka.

Dan yang keempat, kalau saya bersumpah atasnya, saya berharap tidak berdosa: Allah Azza wa Jalla tidak menutupi aib seorang hamba di dunia, melainkan Allah juga menutup aibnya pada hari kiamat.”
(HR. Ahmad, no. 2521. Syaikh Syu’aib al-Arnauth berkata: “Hadits Hasan lighoirihi”. Syaikh Al-Albani memasukkan hadits ini di dalam kitab Silsilah al-Ahadits ash-Shohihah, no. 1387, sebab memiliki banyak jalur riwayat yang menguatkannya).

FAWAID HADITS:

Ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari hadits ini, antara lain:

Boleh bersumpah untuk menguatkan perkataan.

Keimanan dan keislaman seseorang bertingkat-bertingkat, tidak satu derajat. Maka jika kita melihat seseorang berbuat salah, bisa jadi dia belum tahu, sehingga perlu diingatkan dengan cara yang baik.

Islam memiliki banyak bagian, di antara bagian terpenting setelah syahadat adalah tiga: shalat, puasa, dan zakat.

Allah Azza wa Jalla akan membela hamba-Nya yang beriman di dunia dan di akherat.

Allah Azza wa Jalla akan mengumpulkan seseorang dengan orang-orang yang dia cintai. Maka hendaklah kita mencintai para Nabi, sahabat Nabi, dan orang-orang sholih, sehingga di akhirat akan dikumpulkan bersama mereka.

Baca Juga :  Sholat Sendirian Atau Jamaah di Kantor yang Masuk Zona Merah?

Janganlah mencintai orang-orang kafir, munafiq, dan fasiq, sehingga di akhirat akan dikumpulkan bersama mereka.

Di antara nikmat Allah Azza wa Jalla kepada seorang hamba adalah Allah menutupi aibnya di dunia dan di akhirat.

Ketika seseorang telah berbuat dosa, dia wajib bertaubat kepada Allah, dan menutupi aibnya, yaitu tidak menceritakan kepada siapapun.

Inilah sedikit penjelasan tentang hadits yang agung ini. Semoga Alloh selalu memudahkan kita untuk melaksanakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan. Dan selalu membimbing kita di atas jalan kebenaran menuju ridho dan surga-Nya yang penuh kebaikan.

Disusun oleh:
Ustadz Muslim Al-Atsari حفظه الله
Rabu, 21 Muharrom 1442 H/ 9 September 2020 M



Ustadz Muslim Al-Atsari حفظه الله
Beliau adalah Pengajar di Pondok Pesantren Ibnu Abbas As Salafi, Sragen
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Muslim Al-Atsari حفظه الله 
klik disini 

Ustadz Muslim Al-Atsary

Beliau adalah Pengajar di Pondok Pesantren Ibnu Abbas As Salafi, Sragen

Related Articles

Back to top button