Hadits-Hadits Tentang Sholat Lima Waktu : Muqoddimah

Telah diketahui tentang kewajiban dan kedudukan sholat lima waktu dalam sehari semalam di dalam agama Islam. Selain itu banyak sekali keutamaannya, dan sangat merugi orang-orang yang melalaikannya. Karena sholat merupakan tiang agama, rukun Islam yang kedua, amalan terbesar setelah syahadatain, dan merupakan pembeda antara orang mukmin dengan orang kafir.

Oleh karena itu tidak mengherankan jika Alloh Ta’ala mengagungkan perkara sholat ini di dalam kitabNya yang mulia. Dan di antara keagungan ibadah sholat ini adalah bahwa sholat diwajibkan di dalam syari’at semua para Nabi.

Nabi Ibrohim ‘alaihis salam

Beliau dikenal sebagai pembangun ka’bah, kiblat sholat umat Islam, yang terletak di masjidil harom, ini secara pasti menunjukkan bahwa di dalam syari’at beliau diajarkan masalah sholat ini. Dan karena sholat itu memang berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, maka beliau berdoa agar dijadikan orang yang istiqomah menjalankan sholat, demikian pula keturunan beliau. Doa beliau diabadikan oleh Alloh di dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”
(QS. Ibrohim/14: 40)

Isma’il ‘alaihis salam

Nabi Isma’il ‘alaihis salam yang merupakan penerus dakwah Nabi Ibrohim ‘alaihis salam di tanah Arab, yaitu di kota Mekkah, juga mengajarkan sholat. Alloh Ta’ala berfirman memujinya:

Baca Juga:  Bukan Cinta Biasa

وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ إِسْمَاعِيلَ إِنَّهُ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُولًا نَبِيًّا (54) وَكَانَ يَأْمُرُ أَهْلَهُ بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ وَكَانَ عِنْدَ رَبِّهِ مَرْضِيًّا (55

“Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka) kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang Rasul dan Nabi. Dan ia menyuruh keluarganya untuk melaksanakan sholat dan menunaikan zakat, dan ia adalah seorang yang diridhai di sisi Tuhannya.”
(QS. Maryam/19: 54-55) 

Apa yang dilakukan oleh Nabi Isma’il ‘alaihis salam ini mirip dengan apa yang Alloh perintahkan kepada Nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wassalam, sebagaimana firmanNya:

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَى

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezki kepadamu, Kamilah yang memberi rezki kepadamu dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.”
(QS. Thaha/20: 132) 

Musa ‘alaihis salam

Nabi Musa ‘alaihis salam adalah Nabi paling agung dari kalangan Bani Isroil. Orang-orang Yahudi menisbatkan agama mereka kepada beliau. Sesungguhnya beliau juga diperintahkan oleh Alloh Ta’ala untuk mengerjakan sholat sebagai sarana untuk mengingatNya. Maka orang yang tidak melaksanakan sholat, dia adalah orang yang lupa terhadap Alloh Ta’ala. Alloh Ta’ala berfirman:

Baca Juga:  Siapa yang Bertanggung Jawab Menjaga Umat di Zaman Ini?

يَا مُوسَى (11) إِنِّي أَنَا رَبُّكَ فَاخْلَعْ نَعْلَيْكَ إِنَّكَ بِالْوَادِ الْمُقَدَّسِ طُوًى (12)  وَأَنَا اخْتَرْتُكَ فَاسْتَمِعْ لِمَا يُوحَى (13) إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي (14

“Hai Musa, sesungguhnya Aku inilah Tuhanmu, maka lepaskanlah kedua sandalmu; sesungguhnya kamu berada di lembah yang suci, Thuwa. Dan Aku telah memilihmu, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu). Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat-Ku”.
(QS. Thaha/20: 11-14)

‘Isa ‘alaihis salam

Nabi ‘Isa ‘alaihis salam adalah salah seorang Nabi paling agung dari kalangan Bani Isroil. Orang-orang Nashrani menisbatkan agama mereka kepada beliau. Sesungguhnya beliau juga diperintahkan oleh Alloh Ta’ala untuk mengerjakan sholat sampai akhir hayat. Alloh Ta’ala berfirman:

قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا (30) وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنْتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا (31

“Isa berkata: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup.”
(QS. Maryam/19: 30-31)

Baca Juga:  Hukum Berdoa Dengan Selain Bahasa Arab Ketika Shalat

Inilah beberapa keterangan dari ayat-ayat Al-Qur’an yang menunjukkan bahwa semua syari’at para Nabi memerintahkan sholat. Ini berarti bahwa ibadah sholat merupakan ibadah yang sangat agung, maka sepantasnya kita juga mengagungkan sholat ini dengan cara melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

Maka kami tergugah untuk mengumpulkan hadits-hadits shohih atau hasan yang menunjukkan tentang keutamaan sholat lima waktu, dan kedudukannya yang sangat agung di dalam agama Islam. Dan tulisan ini kami beri nama: “EMPAT PULUH HADITS TENTANG SHOLAT LIMA WAKTU”

Semoga tulisan ini menambah ilmu dan iman kita, sehingga bersemangat untuk menegakkan sholat lima waktu dengan sebaik-baiknya.

Semoga sholawat dan salam selalu dilimpahkan kepada Nabi kita, Muhammad, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan sebaik-baiknya sampai Hari Pembalasan. Wal hamdulillahi Robbil ‘Alamiin.

Disusun oleh:
Ustadz Muslim Al-Atsari حفظه الله
Rabu, 26 Shofar 1442 H/ 14 Oktober 2020 M



Ustadz Muslim Al-Atsari حفظه الله
Beliau adalah Pengajar di Pondok Pesantren Ibnu Abbas As Salafi, Sragen
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Muslim Al-Atsari حفظه الله 
klik disini