Cara Mengeluarkan Zakat Māl Yang Sudah Lewat Bertahun – Tahun

Cara Mengeluarkan Zakat Māl Yang Sudah Lewat Bertahun – Tahun

Bagaimana Cara Mengeluarkan Zakat Māl Yang Sudah Lewat Bertahun – Tahun

Pertanyaan:

بسم الله الرحمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Afwan Ustadz,
Saya mau tanya, saya baru tau kalau ibu saya memiliki emas lebih dari nishabnya dan kami berniat mengeluarkan zakat mālnya.

Pertanyaannya, mulai kapan kita harus mengeluarkan zakat mālnya karena kita tidak tau apakah ibu saya sudah keluarkan zakat mālnya atau belum? Dan sekarang ibu sudah sepuh, sudah mulai pikun jadi agak susah kalau kita cari info, karena sudah banyak yang lupa.
Mohon solusinya..

جَزَاكَ الله خَيْرًا

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS T07 G-48

Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ الله

Alhamdulillāhi rabbil ālamīn

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi waman tabi’ahum bi ihsānin Ilā yaumil Qiyāmah. Amma ba’du

Afwan Wajazākallāh  khairan katsiran atas pertanyaan dan do’a yang antum sampaikan,

Pertanyaan serupa pernah ditanyakan kepada Imam Ibnu Utsaimin tentang orang yang tidak mengeluarkan zakat māl selama bertahun-tahun, serta bagaimana cara membayar zakatnya.

Beliau menjawab :

أما تقدير الزكاة : فليتحرَّ ما هو مقدار الزكاة بقدر ما يستطيع ولا يكلف الله نفساً إلا وسعها ، فعشرة آلاف مثلاً زكاتها في السنة كم ؟ مائتان وخمسون ، فإذا كان مقدار الزكاة مائتين و خمسين فليُخرج مائتين وخمسين عن السنوات الماضية عن كل سنة إلا إذا كان في بعض السنوات قد زاد عن العشرة فليخرج مقدار هذه الزيادة ، وإن نقص في بعض السنوات سقطت عنه زكاة النقص .

“Adapun cara mengira-ngirakannya : Hendaknya ia memperkirakan nominal zakat sesuai kemampuan dan Allah tidak membebani hamba-Nya melainkan sesuai dengan kemampuannya. Misalnya 10.000 berapa zakat yang harus dikeluarkan per tahun ? 250

Jika nominal zakatnya 250 maka dibayarkan 250 setiap tahunnya sesuai jumlah tahun yang ditinggalkan zakatnya.

Apabila ada beberapa tahun kondisi harta bertambah dari jumlah awal (10.000) hendaknya nominal zakat yang dikeluarkan juga menyesuaikan. Dan apabila besaran harta berkurang maka nominal zakat yang dikeluarkan juga berkurang.”

(Liqa’ Babul Maftuh 12 Syaikh Ibnu Utsaimin pertanyaan no. 494).

(Sumber Fatawa Islamqa no. 26119).

Pada intinya kita memperkirakan sendiri nominal zakat māl yang akan dikeluarkan tersebut semaksimal mungkin sesuai ketentuan syariat yang ada, wa akhiru da’wanā anilhamdulillāhi  rabbil ālamīn

Wallāhu a’lam
Wabillāhittaufiq

Dijawab dengan ringkas oleh :
👤 Ustadz Abul Aswad Al Bayati, حفظه الله
📆 Rabu, 27 Rabi’ul Awwal 1440 H / 5 Desember 2018 M

CATEGORIES
Share This

COMMENTS