Zakat Maal Untuk Guru dan Ustadz

Zakat Maal Untuk Guru dan Ustadz

Syarat Peruntukan Zakat Maal Untuk Guru dan Ustadz

Pertanyaan:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz, apakah dipebolehkah menyalurkan zakat maal untuk para Imam-imam Masjid dan para pengajar (ustad/ustadzah) di sekolah Islam?

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS TO5 G-65

Jawab:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Zakat mal hanya boleh diberikan kepada mereka yang termasuk dalam salah satu dari 8 golongan mustahik zakat yang dijelaskan oleh Allah pada surat At Taubah ayat 60.

Nah, jika guru / ustadz / ustadzah tersebut tergolong fakir / miskin misalnya, maka ia berhak menerima zakat, Namun jika telah berkecukupan dari gajinya atau dari usaha sampingan lainnya; maka tidak boleh menerima zakat.

Kriteria fakir ialah orang yang penghasilannya tidak mencapai setengah dari pengeluaran totalnya. Misal: bila pengeluarannya setiap bulan adalah 1 juta, sedangkan penghasilannya hanya 400 rb. Dalam hal ini ia berhak menerima zakat sampai 600 rb per bulan.

Sedangkan kriteria miskin ialah bila penghasilannya mencapai lebih dari separuh pengeluarannya, namun belum mencukupi. Contohnya seseorang yang pengeluarannya 1 juta per bulan, namun ia hanya berpenghasilan 600 rb. Maka ia berhak menerima zakat sampai 400 rb per bulan.

Wallaahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam

Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS