Keluarga

Bolehkah Menamai Anak Dengan ‘Al-Ghaniy’?

Pendaftaran Grup WA Madeenah

Bolehkah Menamai Anak Dengan ‘Al-Ghaniy’?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan tentang bolehkah menamai anak dengan ‘al-ghaniy’? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Bolehkah saya memberi nama anak saya Abdurrazzaq Al-Ghaniy, apakah ini melanggar tauhid asma wa sifat? Jazaakallah khoiron

(Ditanyakan oleh Santri Kuliah Islam Online Mahad BIAS)


Jawaban:

Bismillah

Jika kata alghaniy adalah sifat yang masih mengikuti nama Allah ‘Al Razzak” maka tambahan kata tersebut tidak mengapa memberi nama itu dan tidak bertentangan dengan tauhid asma wa sifat.

Bila kata alghaniy dimaksudkan untuk menerangkan sifat dari abdu/hamba, yang diharapkan sang anak menjadi orang yang disematkan sifat kaya/mencukupi kebutuhan, maka sebaiknya penggunaan kata ini tidak dilakukan.

Karena ditakutkan memberikan makna yang sama dengan sifat Allah, karena di dapatkan alif lam ( ال) ta`rif , di mana huruf alif lam ta`rif dalam bahasa Arab mengandung fungsi untuk mengarahkan kepada makna yang telah dikenal yakni sifat dan nama Allah.

Sehingga solusinya, bila ingin masih menggunakan kata (alghaniy) tersebut maka harus diniatkan atau ditujukan kepada nama/sifat Allah ta`alaa bukan untuk menyifati seorang hamba yang lemah, sehingga nantinya diartikan dengan makna,”

“Hamba dari Dzat Yang Maha Memberikan Rezeki dan Maha Kaya/Mencukupi”

dan bukan

“Hamba dari Dzat Yang Maha Memberikan Rezeki yang hamba tersebut Maha Kaya/Mencukupi”.

Silakan dapat mempelajari pembahasan tentang na’at dalam ilmu nahwu. Semoga ananda dan anak kita semua dijadikan anak anak yang shalih dan bermanfaat.

Wallahu a`lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Mu’tashim, Lc. MA. حفظه الله
Kamis, 17 Rabiul Awal 1444 H/ 13 Oktober 2022 M


Ustadz Mu’tashim Lc., M.A.
Dewan konsultasi BimbinganIslam (BIAS), alumus Universitas Islam Madinah kuliah Syariah dan MEDIU
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Mu’tashim Lc., M.A. حفظه الله klik di sini

Ustadz Mu’tasim, Lc. MA.

Beliau adalah Alumni S1 Universitas Islam Madinah Syariah 2000 – 2005, S2 MEDIU Syariah 2010 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Syu’bah Takmili (LIPIA), Syu’bah Lughoh (Universitas Islam Madinah) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Taklim di beberapa Lembaga dan Masjid

Related Articles

Back to top button