Adab & AkhlakKonsultasi

Balasan Bagi Orang Yang Dzalim

Pendaftaran Grup WA Madeenah

Balasan Bagi Orang Yang Dzalim

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Balasan Bagi Orang Yang Dzalim, selamat membaca.


Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga Allah menjaga ustadz dan keluarga dimanapun berada. Afwan ijin bertanya ustadz, Balasan terbesar apa yang masih boleh dilakukan kepada orang yang telah menyakiti? Orang tersebut sudah melarikan diri. Mohon Penjelasannya.

جزاك اللهُ خيراً

Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

Jika anda ingin mendapat kebaikan yang berlimpah, maka balaslah dia dengan doa tulus agar diberikan hidayah.
Namun, apabila anda belum bisa memaafkannya, maka persidangan Allah Ta’ala di Akhirat adalah Mahkamah yang paling sempurna, tidak ada kekurangan sedikitpun.

Allah ﷻ berfirman,

وَلَا تَحْسَبَنَّ اللَّهَ غَافِلًا عَمَّا يَعْمَلُ الظَّالِمُونَ إِنَّمَا يُؤَخِّرُهُمْ لِيَوْم تَشْخَصُ فِيهِ الْأَبْصَارُ

“Jangan engkau menyangka Allah lalai dari perbuatan orang-orang yang dzalim. sesungguhnya Allah menangguhkan mereka sampai pada hari yang waktu itu mata (mereka) terbelalak.”

(QS. Ibrahim: 42)

Siapa saja yang berbuat zalim dengan mengambil harta orang lain seenaknya, korupsi, menyusahkan orang, menipu lagi khianat pada kaum muslimin, merendahkan manusia, dan berbagai macam kezaliman lainnya, jangan disangka Allah ﷻ lalai terhadap kezaliman mereka.

Allah tidak akan mengadzab mereka sekarang, karena adzab yang ada di dunia ini masih tergolong ringan, sedangkan Allah ﷻ menundanya dan untuk mereka kelak adzab yang sangat pedih yang membuat mata mereka terbelalak saking takutnya.

Wallahu Ta’ala A’lam

Dijawab dengan ringkas oleh: 
Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button