Ayat Khusus Perlindungan Rumah

Ayat Khusus Perlindungan Rumah

Ayat Khusus Perlindungan Rumah

Pertanyaan:

بسم الله الرحمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Apakah ada dalilnya membaca surat Al-Baqarah tiap hari untuk perlindungan rumah pada ayat 1-4, 255-257, 284-286 saja?

Dan untuk menyelamatkan dari adzab kubur Surat Al Mulk? Kalau memang ada untuk waktu bacanya bagaimana?

Barokalloh Fiikum..

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS N05 G62


Jawaban

وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

Kami belum pernah mendapati pengkhususan ayat sebagaimana yang ditanyakan oleh penanya. Namun secara umum pengkhataman surat Al-Baqarah di sebuah rumah akan mengusir setan yang ada di dalamnya sebagaimana tersebut dalam riwayat sebagai berikut :

لا تجعلوا بيوتكم مقابر إن الشيطان ينفِر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah”. (HR Muslim : 780).

Ia juga menjadi penangkal yang ampuh dari gangguan dukun dan juga tukang sihir, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

اقرءوا سورة البقرة فإن أخذها بركة وتركها حسرة ولا تستطيعها البَطَلة

“Bacalah oleh kalian surat Al-Baqarah sesungguhnya membacanya adalah keberkahan sedang meninggalkannya adalah kerugian, dan ia tidak akan mampu ditahan oleh para tukang sihir). (HR Muslim : 804).

Cara melakukannya ialah dengan membaca surat Al-Baqarah dari awal hingga selesai di dalam rumah. Tersebut pula keutamaan membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ قَرَأَ بِالْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

“Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah di malam hari, maka Allah akan mencukupinya”. (HR Bukhari : 4723).

Demikian pula tersebut riwayat tentang keutamaan membaca surat Al-Baqarah ayat 255 yang terkenal dengan nama “Ayat Kursi”.

Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah menugaskan kepadaku untuk menjaga zakat di bulan Ramadhan. Kemudian seseorang datang kepadaku dan mencuri dari makanan (zakat) ….” Di akhir hadits, pencuri itu berkata: ”Bila engkau hendak tidur, maka bacalah ‘Ayat Kursi’ karena penjagaan dari Allah akan terus bersamamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai Subuh”. Kemudian Nabi berkata: “Ia telah berkata benar kepadamu, walau ia pendusta. Ia adalah setan.” (HR al-Bukhâri: 2311).

Imam Ibnu Baz berkata dalam fatwa beliau : “Ayat ini sangat agung dan memiliki keutamaan dalam kitab Allah subhanahu wa ta’ala. Karena mengandung tauhid dan keikhlasan kepada Allah, serta menerangkan tentang kebesarannya. Bila seseorang membaca ayat ini setiap selesai shalat, maka ia akan menjaganya dari setiap kejahatan, begitu pula jika membacanya ketika tidur”. (Majmu Fatawa Syaikh Ibnu Baz : 9/323).

Adapun surat Al-Mulk benar tersebut riwayat bahwa ia akan menjaga orang yang membacanya dari azab kubur, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

هِىَ الْمَانِعَةُ هِىَ الْمُنْجِيَةُ تُنْجِيهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

“Surat Al-Mulk itu menghalangi dari siksa kubur”. (HR Tirmidzi : 2890)

معناه أن تلاوة هذه السورة في الحياة الدنيا تكون سبباً لنجاة تاليها من عذاب القبر

“Maknanya bahwa membaca surat ini di kehidupan dunia menjadi sebab selamat dari azab kubur”. (Mir’atul Mafatih : 7/231).

Wallahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam

Ustadz Abul Aswad Al Bayati

CATEGORIES
Share This

COMMENTS