Berwudhu Untuk Mensucikan Diri dari Godaan Syetan

Berwudhu Untuk Mensucikan Diri dari Godaan Syetan

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.

Saudaraku, tentu kita telah tahu bahwa syetan senantiasa berjuang dengan segala kemampuannya untuk menodai dan menguasai jiwa kita agar tunduk pada setiap bisikannya. Oleh sebab itu, syetan pasti menanti-nanti kesempatan untuk dapat sampai kepada hati kita, membisikinya sampai jiwa kita terkuasai olehnya.

Ketika kita sedang tidur, syetan akan bergegas untuk mencari celah agar dapat menguasai jiwa kita. Dan diantara cara syetan itu adalah dengan mengikatkan tiga ikatan pada kita, agar kita terlelap tidur hingga tidak mudah bangun saat adzan dikumandangkan.

Solusi yang diajarkan Islam guna menghadapi makar syetan ini adalah dengan wudlu, sebagaimana Hadits Abu Huroiroh rodhiallohu ‘anhu berikut ini, bahwasanya Rosululloh sholallohu ‘alaihi wasallam bersabda

يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ على قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إذا هو نَامَ ثَلَاثَ عُقَدٍ يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ فَإِنْ اسْتَيْقَظَ فذكر اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ صلى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ (رواه البخاري)

“Syetan senantiasa mengikatkan tiga ikatan di pangkal kepala kalian, bila ia sedang tidur. Syetan menepuk pada setiap ikatan, sambil berkata: malam masih panjang, maka tidurlah. Bila ia terjaga lalu berdzikir kepada Allah, maka satu ikatan akan terurai, dan bila ia berwudlu, maka satu ikatan lagi akan terurai, dan bila ia sholat, maka satu ikatan lagi akan terurai, sehingga ia pada pagi itu akan menjadi bersemangat (energic) dan berjiwa baik, dan bila ia tidak melakukan hal itu, maka jiwanya menjadi buruk dan pemalas.” [HR Bukhori 1091]

Semoga kita semua dimudahkan untuk mengamalkan sunnah yang mulia ini, sebagai proteksi diri dan tips mensucikan hati dari godaan syetan, yakni berwudhu sebelum tidur.

Wallohu A’lam
Wabillahit Taufiq

Ustadz Rosyid Abu Rosyidah حفظه الله
(Dewan Konsultasi Bimbinganislam.com)

TAUSIYAH
Bimbinganislam.com

CATEGORIES
Share This

COMMENTS