Tentang Makna Hizbiyah

Tentang Makna Hizbiyah

Pertanyaan :

 

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Ustadz, mohon dijelaskan tentang makna hizbiyah, karakter-karakternya, contohnya (pada zaman dulu dan sekarang), bagaimana kiat/cara menghindari hizbiyah?

Lalu apakah organisasi keagamaan yang ada dan banyak sekali  saat ini termasuk hizbiyah? Kalau iya, bagaimana membantah syubhat mereka bahwa “organisasi mereka ini tidak termasuk hizbiyah”. Kalau tidak, mohon nasehatnya agar tidak terjebak ke dalam “hizbiyah tanpa sadar”.

Jazakumulloh Khoiron

(Dari Hamba Alloh Anggota Grup WA Bimbingan Islam)

Jawaban :

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

Antum belajar saja yang rajin, mulai dari dasar-dasar ilmu tauhid, fikih dan tazkiyatun nufus, nanti antum akan tahu apa itu hizbiyah dan seterusnya, karena jawaban pertanyaan ini bisa menjadi satu jilid buku, dan belum tentu setelah mengetahuinya, antum (akan, -ed) jadi lebih baik. Bicara tentang hizbiyah harus dibarengi sikap takut kepada Allah, agar tidak keluar dari batasan yang dibolehkan kepada zona terlarang (ghibah, buhtan, dan sebagainya).

Menyibukkan diri dengan belajar tentang ini juga tidak ada manfaatnya kalau belum waktunya dan bukan ahlinya, bahkan seringkali mendatangkan musibah bagi diri sendiri dan orang lain.

Hizbiyyah artinya fanatisme terhadap suatu kelompok/golongan tanpa alasan yang dibenarkan, bukan sekedar berkelompok itu sendiri.

 

Konsultasi Bimbingan Islam

Ustadz Dr. Sufyan bin Fuad Baswedan, MA

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )