Ibadah

Air Mani Keluar Terus Saat Shalat

Air Mani Keluar Terus Saat Shalat

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan Air Mani Keluar Terus Saat Shalat, selamat membaca.


Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Apa yang harus di lakukan seseorang jika ia terus menerus mengeluarkan mani, apakah ia boleh shalat dalam keadaan mengeluarkan mani, apakah ia harus selalu berwudhu jika sudah masuk waktu shalat, apakah sebelum masuk waktu shalat ia harus mandi junub? Syukron.

جزاك الله خيرا

(Dari Fulan Anggota Grup Whatsapp Sahabat BiAS)


Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du.

Jika air mani keluar terus-menerus maka seseorang cukup mencuci dzakar/ kelaminnya, meletakkan sumbat dari tisu atau kain lalu berwudhu setiap kali akan shalat. Atau satu kali wudhu untuk satu kali shalat dan tidak mengapa jika di tengah shalat mani keluar shalatnya tetap sah. Para ulama yang tergabung dalam Lajnah Daimah menyatakan :

إذا نزل ذلك منك باستمرار فهو سلس، وعليك أن تتوضأ منه لكل صلاة عند دخول الوقت، وصلاتك صحيحة ولو نزل أثناءها. وإذا كان لا يتكرر نزوله منك كثيرا وجب عليك الوضوء الشرعي منه للصلاة ، وذلك بعد أن تغسل الذكر والأنثيين ، وليس عليك الغسل (الاستحمام) من ذلك

“Apabila mani keluar dari dirimu dengan terus menerus maka itu disebut penyakit Salas (beser -pent). Wajib atas engkau untuk berwudhu setiap kali akan shalat jika sudah masuk waktu shalat Dan shalatmu shahih/ sah meskipun mani keluar di tengah-tengah shalat.

Apabila keluarnya mani dari dirimu tidak berulang-ulang secara banyak maka engkau wajib untuk berwudhu sesuai syariat darinya ketika akan salat setelah sebelumnya mencuci kelamin. Dan engkau tidak wajib mandi karenanya.”

(Fatawa Lajnah Daimah : 5/413).

Ini jika mani keluar terus menerus, namun apabila keluar mani lalu berhenti maka harus dicuci dan berwudhu setiap kali keluar mani. Wallahu a’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA. حفظه الله
Kamis, 12 Rabiul Awal 1443 H/18 November 2021 M


Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA.
Dewan konsultasi Bimbingan Islam (BIAS), alumni MEDIU, dai asal klaten
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Abul Aswad Al-Bayati حفظه الله klik disini

Baca Juga :  Kenapa Nabi diberi Gelar Shallallahu 'Alaihi Wasallam, Bukan Alaihissalam

Ustadz Abul Aswad Al Bayati, BA.

Beliau adalah Alumni S1 MEDIU Aqidah 2008 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Malang tahunan dari 2013 – sekarang, Dauroh Solo tahunan dari 2014 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Koordinator Relawan Brigas, Pengisi Kajian Islam Bahasa Berbahasa Jawa di Al Iman TV

Related Articles

Back to top button