Agar Selalu Ingat Tauhid

Agar Selalu Ingat Tauhid

PERTANYAAN :

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Bagaimana caranya mengaplikasikan Tauhid dalam keseharian kita dan untuk selalu mengingatnya?

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS T04 G-37

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

Masya’Allah, kami senantiasa berharap dan memohon kepada Allah ta’ala agar kita semua dimasukkan ke dalam golongan hamba-hamba Allah yang selalu mengibarkan panji-panji tauhid dimanapun kita berada hingga ajal datang menjelang.

Penanya telah bertanya tentang sesuatu yang sangat agung, sangat besar dan sangat penting. Dan mudah untuk merealisasikannya bagi orang yang diberikan taufik oleh Allah subhanahu wa ta’ala, namun ia terasa sangat berat bagi orang-orang yang tidak diberikan hidayah oleh Allah azza wa jalla.

Maka cara pertama untuk mengokohkan aqidah tauhid di dalam hati kita setelah kita mengenalnya adalah dengan berdoa meminta kepada Allah ta’ala agar kita diberikan keistiqamahan dan dijauhkan dari segala jenis kesyirikan. Diantara sekian doa yang bisa kita amalkan ialah sebagaimana yang Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam ajarkan dalam sabdanya :

أَيُّهَا النَّاسُ ، اتَّقُوا هَذَا الشِّرْكَ ، فَإِنَّهُ أَخْفَى مِنْ دَبِيبِ النَّمْلِ . فَقَالَ لَهُ مَنْ شَاءَ اللَّهُ أَنْ يَقُولَ : وَكَيْفَ نَتَّقِيهِ ، وَهُوَ أَخْفَى مِنْ دَبِيبِ النَّمْلِ يَا رَسُولَ اللَّهِ ؟ قَالَ : قُولُوا : اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ نُشْرِكَ بِكَ شَيْئًا نَعْلَمُهُ ، وَنَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لَا نَعْلَمُهُ.

“Wahai manusia jauhilah oleh kalian syirik sesungguhnya ia lebih tersembunyi dari suara rayapan semut. Maka berkatalah seseorang : ‘Bagaimana cara kami menjauhinya sedangkan ia lebih tersembunyi dari suara rayapan semut wahai Rasulullah ?’

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ; “Katakanlah, Ya Allah sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari mensekutukanmu dengan sesuatu dalam keadaan kami mengetahui, dan kami meminta ampun terhadap apa-apa yang tidak kami ketahui.” (HR Ahmad : 4/403 dishahihkan oleh Imam Al-Albani dalam Shahihul Jami’ : 3731).

Yang kedua dengan cara mempelajari tauhid dalam setiap kesempatan dan waktu luang kita. Baik dengan membaca, mengikuti kajian atau daurah tentang kitab tauhid. Dan kitab terbaik dalam masalah ini adalah kitab tauhid karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab. Hendaknya kita mempelajari kitab ini dan mengulang-ulang pembahasan di dalamnya.

Syaikh Muhammad Abdurrahman Abu Saif Al-Juhani menyatakan :

المسلمون اليوم أشد ما يكونون حاجة إلى دراسة التوحيد لتحقيق صحة فهمه واستقامة السلوك عليه ، فإن الجهل بمفهوم التوحيد يضرب أطنابه في واقع المسلمين اليوم حتى أطل على انحرافات عظيمة تفارق التوحيد وتقدح في أصله وتقطع الصلة بين التوحيد وبين تطبيق المسلمين له ، وقد حلت بالمسلمين مشكلات عمتهم تطال قاصيهم ودانيهم ، سببها ما قلناه من الجهل بالتوحيد ، ولا حل لها إلا بالعودة إلى التوحيد الصحيح الحق“

“Kaum muslimin hari ini sangat membutuhkan untuk mempelajari tauhid untuk mewujudkan keshahihan pemahaman serta keistiqamahan di atasnya. Karena kejahilan terhadap makna tauhid memberikan efek buruk pada kehidupan kaum muslimin hari ini hingga menggiring mereka menuju penyimpangan-penyimpangan yang besar yang bertentangan dengan tauhid, menodainya serta memutus hubungan antara tauhid dengan pengamalan kaum muslimin terhadap tauhid. Dan telah menimpa kaum muslimin musibah yang menjangkau semua kalangan disebabkan oleh apa yang telah kami katakan yaitu kejahilan terhadap tauhid. Tidak ada jalan keluar melainkan dengan kembali kepada tauhid yang benar dan haq.” (Ahamiyatu Dirastu Tauhid : 83).

Yang ketiga berkawan karib dengan orang-orang yang memiliki perhatian tinggi dalam masalah tauhid serta menjauhi orang-orang yang bergelimang kesyirikan.

Yang keempat membaca kisah-kisah perjuangan kaum salaf di dalam menegakkan tauhid serta kesabaran mereka di dalam menghadapi segala ujian.

Yang kelima membaca keutamaan serta pahala besar yang Allah siapkan kelak bagi orang-orang yang bertauhid serta membaca akibat buruk serta kecelakaan yang dialami para pemuja kesyirikan baik di dunia maupun di akhirat. Wallahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam
Ustadz Abul Aswad Al Bayati

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )