Wahai Ayah Bunda : Jagalah Akhlakmu!

Wahai Ayah Bunda : Jagalah Akhlakmu!

Faktor Penyebab Kenakalan Anak

Sejumlah penelitian menegaskan bahwa sebagian besar kenakalan pada anak disebabkan oleh apa yang dialaminya pada masa kanak-kanak tersebut.

Dr. Ahmad Izzat Rajih dalam kitabnya Usuul Ilmin Nafs mengatakan pendapat Dr. Bairat bahwa, “Faktor pemicu kenakalan pada anak yang paling banyak, paling berbahaya dan merusak adalah faktor-faktor seputar kehidupan keluarga di masa kecil anak. Diantara contohnya adalah:

  • Rumah tangga yang hancur karena perceraian
  • Kematian salah satu dari kedua orang tua atau keduanya
  • Rumah tangga yang penuh dengan dosa, khamar dan kejahatan
  • Perilaku ayah yang suka menghina
  • Perilaku ayah yang menerapkan hukuman keras dan sangat lamban
  • Perilaku ayah yang memperlakukan anak dengan kasar dan keras

Keshalihan orang tua memiliki dampak baik pada anaknya, sebagaimana keburukan orang tua juga memiliki dampak pada anaknya. Oleh karena itu sebagai seorang ayah atau bunda hendaknya senantiasa bertakwa kepada Allāh tabāraka wa ta’āla. Orang tua hendaknya takut terhadap siksa-Nya dan selalu berharap akan rahmat-Nya. Karena anak adalah amanah dan investasi terbesar yang dimiliki oleh orang tua.”

Allāh tabāraka wa ta’āla berfirman:

وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلاَمَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنْزٌ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا فَأَرَادَ رَبُّكَ أَن يَبْلُغَآ أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنْزَهُمَا رَحْمَةً مِن رَّبِّكَ

Adapun dinding rumah itu adalah kepunyaan dua orang anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang yang shalih, maka Rabb-mu menghendaki agar supaya mereka sampai kepada kedewasaannya dan mengeluarkan simpanan itu, sebagai rahmat dari Rabb-mu; dan bukanlah aku melakukannya itu menurut kemauanku sendiri. Demikian itu adalah tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu tidak dapat sabar terhadapnya. [Al Kahfi:82].

Allāh telah menjaga harta benda milik dua orang anak yatim dikarenakan keshalihan kedua orangtua mereka. Pengaruh amalan yang shalih jelas menjadi faktor penentu dan menular kepada anak keturunan, demikian juga sebaliknya. Semoga Allāh menjaga kita dan anak keturunan kita. Dan semoga tulisan Wahai Ayah Bunda : Jagalah Akhlakmu! ini bermanfat, wa akhiru da’wanā anilhamdulillāhi  rabbil ālamīn

Untuk mendapatkan tambahan faedah lain klik

https://bimbinganislam.com/menyikapi-anak-yang-tidak-menghormati-orang-tuanya/

Ditulis Oleh:
Ustadz Abu Rufaydah, Lc., MA. حفظه الله
(Kontributor Bimbinganislam.com)



Ustadz Abu Rufaydah, Lc., MA. حفظه الله
Beliau adalah Pengasuh Yayasan Ibnu Unib Cianjur dan website cianjurkotasantri.com
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Abu Rufaydah, Lc., MA.حفظه الله  
klik disini

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS