Surat Al Fatihah Untuk Menundukkan Atasan

Surat Al Fatihah Untuk Menundukkan Atasan

Surat Al Fatihah Untuk Menundukkan Atasan

Pertanyaan :

بسم اللّه الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Ustadz, Guru ngaji Qur’an ana mengajarkan ana agar membaca alfatihah sebanyak mungkin agar majikan ana tunduk dan patuh pada ana. Ana bekerja sebagai Nanny, karena majikan ana tidak konsekuen dengan janjinya maka dari itu saya dapat saran tersebut dari guru ngaji ana.

Apakah amalan ini sesuai syariat & ada dalilnya? Mohon pencerahannya Ustadz

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

(Fulanah Anggota Group Bimbingan Islam T06 G-58)

Jawaban :

            وعليكم السلام ورحمة الله وبلركاته

 

Tidak ada dalilnya anjuran tersebut setahu kami. Namun kami coba memberikan solusi di sini, bacalah Al-Qur’an sebanyak-banyaknya, khatamkan sebanyak-banyaknya.

Kemudian berdo’alah kepada Allah dengan menyebut amal shalih berupa “Khatam Al-Qur’an berkali-kali” tersebut agar Allah ta’ala mengabulkan doa.

Yang seperti ini diperbolehkan, karena di dalam Al-Qur’an dikisahkan adanya doa/permohonan kepada Allah dengan menyebut amal shalih berupa keimanan, Allah ta’ala berfirman :

 

 رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آَمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآَمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ

 

“Wahai Rabb kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman (yaitu) : “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”. Maka kamipun beriman, maka dari itu ampunilah bagi kami dosa-dosa kami, dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti.” (QS Ali Imran : 193).

Ayat ini menunjukkan bolehnya berdoa dengan menyebut amal shalih baik itu berupa keimanan, atau membaca Al-Qur’an atau amal shalih lainnya. Wallahu a’lam

 

Konsultasi Bimbingan Islam

Abul Aswad Al Bayaty

CATEGORIES
Share This

COMMENTS