Sholat Awal Waktu

Sholat Awal Waktu

Pertanyaan :

Assalamualaikum….
Saya mau bertanya bagaimana yang dimaksud dengan sholat di awal waktu? Apakah adzan itu merupakan tanda awal waktu sholat? Lalu bagaimana jika ketika kita sholat tapi sudah menjelang akhir waktu dan terdengar adzan? Apakah sholat kita batalkan atau tetap dilanjutkan?
Terimakasih

(Dari Saudari Hera Anggota Grup WA Bimbingan Islam T04-59)

Jawaban :

Wa’alaikumussalam…

Yang dimaksud awal waktu adalah ketika masuk waktu adzan, untuk sholatnya setelah adzan atau iqomah karena mengambil keutamaan menjawab adzan dan berdoa di waktu mustajab antara adzan dan iqomah.

Disebutkan dalam Shahih Bukhari dan Muslim, dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu, bahwa beliau bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Amal apakah yang paling dicintai Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab dengan sabdanya:

الصلاة على وقتها

Shalat pada waktunya.”

Ibnu Mas’ud bertanya lagi: “Kemudian apa?” Beliau ulangi dua kali, dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab dengan urutan:

“Berbakti kepada orang tua, kemduian berjihad fi sabilillah.”

Yang dimaksud: “Shalat pada waktunya” adalah shalat di awal waktu, sebagaimana keterangan Ibnu Hajar, dimana beliau menukil keterangan Ibnu Battal ketika menjelaskan hadis di atas:

قال ابن بطال: فيه أن البدار إلى الصلاة في أول وقتها أفضل من التراخي فيه

Ibnu Battal mengatakan, “Dalam hadis ini disimpulkan bahwa menyegerakan shalat di awal waktunya itu lebih afdhal (utama) dari pada menundanya.” (Fathul Bari, 2:9)

Allahu a’lam..
Wabillahit taufiq…

Konsultasi Bimbingan Islam
Ustadz Rosyid Abu Rosyidah

CATEGORIES
Share This

COMMENTS