FiqihKonsultasi

Apakah Minum Air Putih Membatalkan Wudhu?

Apakah Minum Air Putih Membatalkan Wudhu?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan tentang apakah minum air putih membatalkan wudhu? Selamat membaca.


Pertanyaan:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Saya masih dalam keadaan wudhu terutama pada waktu maghrib ke isya, akan tetapi suatu ketika haus lalu minum, apakah wudhu saya batal bagaimana juga bila makan, apakah batal?

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

(Dari Anggota Grup WA Bimbingan Islam N04-G19 di Jakarta Barat)


Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Makan dan minum tidak membatalkan wudhu’ kecuali makan daging onta, sebagian ulama berpendapat batalnya wudhu karena makan daging onta. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa:

Baca Juga:  Benarkah Lebih Baik Pemimpin Kafir Tapi Tegas?

سُئِلَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْوُضُوْءِ مِنْ لُحُومِ اْلإِبِلِ فَقَالَ تَوَضَّئُوا مِنْهَا وَسُئِلَ عَنْ لُحُومِ الْغَنَمِ فَقَالَ لاَ تَوَضَّئُواْ مِنْهَا

“Rasulullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang wudhu dari (makan) daging unta, maka beliau menjawab, “Berwudhulah darinya”. Beliau juga ditanya tentang wudhu dari (makan) daging kambing, maka beliau menjawab, “Janganlah kamu berwudhulah darinya”. (HR. Abu Dawud no. 184 dan At-Tirmidzi no. 81).

BACA JUGA:

Konsultasi Bimbingan Islam

Dijawab oleh: Ustadz Muhammad Romelan, Lc.

Baca Juga:  Dimana Nabi Idris Alaihissalam Berada

Ustadz Muhammad Romelan, Lc., M.A

Beliau adalah Alumni Universitas Islam Madinah | Beliau diamanahkan sebagai pembina di Masjid Abdurrahman Bin Auf atau yang biasa disingkat MABA. Masjid ini berlokasi di Desa Wisata Kasongan, Bantul, DI Yogyakarta dan sering mengadakan kajian sunnah
Back to top button