Melihat Adegan Hot di Iklan Masak Memasak

Melihat Adegan Hot di Iklan Masak Memasak

Pertanyaan:

Assalamu alaikum

Ustadz, apa hukumnya melihat adegan romantis di tv (maaf, semisal cium bibir, adegan hot dan lain-lain). Terkadang ketika menonton acara masak station tv luar negeri, sering diputar iklan film yang ada adegan hotnya.
Syukron

Wassalam

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS N05-G04

Jawaban:

بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله، وبعد:
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Tidak diragukan lagi bahwa adegan ciuman tersebut adalah perbuatan maksiat yang harus diingkari bila seorang muslim melihatnya. Oleh karenanya, anda harus mengalihkan pandangan dari adegan seperti itu sebagai bentuk pengingkaran terhadapnya. Bahkan bila yang dilihat adalah lawan jenis, maka itu termasuk maksiat, karena kita diperintahkan untuk menundukkan pandangan, bukan mengumbarnya terhadap lawan jenis. Lihat surah An Nuur: 30-31.
Memandang lawan jenis hanya diperbolehkan dalam hal-hal yang bersifat penting saja, seperti melihat calon pasangan, memeriksa dan mengobati, atau mengenali sosok seseorang yang memang perlu dikenali. Adapun selain untuk hal-hal yang dianggap penting dan dapat ditoleransi oleh syariat, maka kita harus menundukkan pandangan terhadap lawan jenis.
Kalau lah sekedar ingin meminjam perkakas rumah tangga saja para Sahabat -Radhiyallohu ‘Anhum Jami’an- diharuskan menyampaikannya kepada istri-istri Nabi melalui tabir –padahal ia hanya memakan waktu beberapa detik saja–, lantas bagaimana dengan perbuatan yang memakan waktu lama, seperti menonton acara televisi?? Jelaslah kita tidak boleh gampangan dalam hal ini, apalagi mengingat lemahnya iman kita dibanding iman para Sahabat -Radhiyallohu ‘Anhum Jami’an-.
Jika anda ingin belajar masak, maka bisa saja membeli buku-buku resep masakan dan tidak perlu menonton acara-acara masak orang kafir yang sarat dengan maksiat seperti itu.

Wallaahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam
Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS