Ketika Pasangan Selingkuh

Ketika Pasangan Selingkuh

Pertanyaan :

بسم اللّه الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Ustadz, Ana ingin bertanya, apabila ada suami atau istri, salah satunya berselingkuh baik secara fisik maupun hanya lewat sosmed namun kemudian sang pelaku sudah bertaubat, maka ;

1. Bagaimanakan caranya menebus kesalahan tersebut bagi pihak yang bersalah? pihak yang dikhianati sudah mau memaafkan demi anak, namun pihak yang bersalah masih memiliki beban mental yang berat.

2. Apakah pihak yang dikhianati wajib memaafkan dan menerima kembali?

Jazaakallaahu khairan atas jawabannya, Ustadz.

(Penanya : Fulanah di Bumi Allah Anggota Group Bimbingan Islam T06 G-41)

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Jika perzinahan yang dimaksud sudah mencapai taraf definisi zina dalam syariat, maka syariat menetapkan bahwa pelaku (karena sudah menikah) dirajam, ditanam dalam tanah separo badan kemudian dilempari batu sampai meninggal dunia. Dengan demikian dosa zina yang ada di pundaknya akan terhapus. Demikianlah hukuman Islam bagi pelaku zina yg telah menikah, baik itu wanita maupun lelaki.

Namun berhubung negri kita tidak menerapkan hukuman tersebut yang merupakan ketetapan Allah dan rasul-Nya. Maka para ulama menyatakan cukup bagi pelaku zina untuk bertaubat taubatan nasuha, taubat yang sesunggunya disertai penyelasan yang mendalam dan janji untuk tidak akan mengulanginya.

Ia juga harus meminta maaf kepada suami atau istrinya terutama. Dan suami atau istri yang dikhianati tidak wajib menerima dan memaafkan, ia memiliki hak untuk menceraikan atau minta cerai.

Namun jika ia memaafkan demi masa depan anak, itu baik baginya insya’Allah dengan syarat pasangannya bertaubat dari zina. Kemudian jika dimaafkan si pelaku zina tidak boleh menceritakan perbuatan keji tersebut kepada siapapun karena itu aib dan syariat melarangnya. Ia harus memperbanyak amal shalih yang akan mengurangi beban dosa yang ia tanggung. Wallahu a’lam

Konsultasi Bimbingan Islam
Abul Aswad Al Bayaty

CATEGORIES
Share This

COMMENTS