Hukum Berhubungan Intim di Kamar Mandi / Bak Mandi

Hukum Berhubungan Intim di Kamar Mandi / Bak Mandi

Apa hukumnya berhubungan intim di kamar mandi atau bak mandi (bathtub) ? Anda sedang berada dihotel, ketika melihat bathtub (bak mandi) yang bersih dan indah, muncul ide untuk melakukan hubungan suami istri (hubungan intim) disana ? Atau rumah Anda sedang ada banyak orang, anak-anak belum tidur, tidak ada tempat lain yang aman kecuali kamar mandi, hingga akhirnya Anda ingin berhubungan intim disana ?

Jika Anda termasuk dari orang-orang yang ingin melakukan hubungan intim didalam kamar mandi maka tulisan ini sangat cocok untuk Anda. Pernah ada sebuah pertanyaan tentang permasalahan ini dalam forum fatwa di https://islamqa.info/ar/21195. “Apakah boleh seorang suami berhubungan intim dengan istrinya tanpa kain penutup, dan apakah boleh berhubungan intim di dalam kamar mandi atau bak mandi (bathtub) ?”

Jawaban :

Alhamdulillah

Iya, suami istri boleh berhubungan intim tanpa kain penutup, begitu juga, boleh bagi keduanya berhubungan intim di dalam kamar mandi. Akan tetapi, jika hubungan intim dilakukan di dalam kamar mandi akan ada beberapa sunnah yang tidak bisa dilakukan, seperti dzikir atau doa sebelum berhubungan.

Barang kali Anda sudah tahu, bahwa salah satu sunnah sebelum seorang melakukan hubungan intim adalah berdoa terlebih dahulu, dengan mengucapkan :

بِاسْمِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

“Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkan kami dari setan dan jauhkan setan dari apa (anak) yang engkau karuniakan kepada kami”

Barang kali Anda juga sudah tahu, tidak dibenarkan berdzikir atau berdoa ditempat buang hajat (seperti WC, Toilet dsb). Jadi, orang yang melakukan hubungan intim di kamar mandi, bagaimana mereka bisa berdoa?! Atau solusinya ia bisa keluar terlebih dahulu dari kamar mandi, berdoa diluar, lalu masuk kembali. (fatwa selesai)

Tambahan :

Pada dasarnya berhubungan intim didalam kamar mandi merupakan hal yang mubah, tidak dilarang. Akan tetapi, agar Anda tetap bisa melaksanakan sunnah-sunnah dan adab-adab hubungan intim di dalam kamar mandi, alangkah baiknya seorang membaca 3 (tiga) doa ini sebelum masuk kedalam:

1. Membaca “Bismillah”

Tujuannya agar setan dan jin tidak melihat aurat yang terbuka. Didunia nyata aurat terbuka, akan tetapi orang yang membaca “bismillah” auratnya tidak akan bisa dilihat oleh makluk ghaib (setan dan jin)

Rasululllah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ: إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الخَلاَءَ، أَنْ يَقُولَ: بِسْمِ اللَّهِ

Penghalang antara pandangan mata jin dan aurat bani Adam ketikan ia masuk toilet adalah dengan membaca ‘bismillah’” (HR. At-Tirmidzi 606 dan Ibnu Majah 297 dan dishahihkan oleh syaikh Al-Albani dalam beberapa kitab beliau, Al-Misykah no 358 dan Al-Irwa’ 50)

2. Membaca doa perlindungan dari setan sebelum masuk toilet atau WC

Toilet adalah tempat yang disukai oleh setan, bahkan saat adzan berkumandang mereka lari sambil kentut mencari tempat persembunyian didalam kamar mandi. Sehingga meminta perlindungan kepada Allah dari kejelekan setan saat masuk kamar mandi menjadi hal yang sangat penting. Dan merupakan suatu bentuk kesempurnaan agama ini, islam mengajarkan doa yang bisa dibaca sebelum seorang masuk kedalam kamar mandi (toilet, WC dsb), doanya adalah sebagai berikut

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الخُبُثِ وَالخَبَائِثِ

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan” (HR. Al-Bukhari 142, 6322, Muslim 375 dan yang lainnya)

3. Membaca doa sebelum berhubungan intim

Ibnu Abbas meriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, “Andai saja seorang yang akan mendatangi istrinya berdoa :

بِاسْمِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

‘bismillaah, Allaahumma jannibnaasy syaithaana, wa jannibisy syaithaana maa rozaqtanaa’

‘dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkan kami dari setan, dan jauhkan setan dari anak yang engkau anugrahkan kepada kami’

Jika dengan hubungan tersebut Allah mengaruniakan kepadanya anak, maka setan tidak akan bisa berbuat jelek kepada anak tersebut selama-lamanya” (Hadits shahih diriwayatkan oleh  Al-Bukhari 6388,7396, Muslim 1434 dan yang lainnya)

Setelah langkah-langkah ini Anda laksanakan, maka Anda boleh melakukan hubungan intim didalam kamar mandi (WC, Toilet) atau bak mandi (bathtub).

Wallahu a’lam

👤 Ustadz Ratno حفظه الله
📆 Jumat, 03 Shafar 1440 H / 12 Oktober 2018 M

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS