Faedah Hadist

Fawaid Hadist #87 | Uzurmu Hanya Sampai Usia 60 Tahun

Pendaftaran AISHAH Online Angkatan 2

Fawaid Hadist #87 | Uzurmu Hanya Sampai Usia 60 Tahun

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan serial fawaid hadist, Fawaid Hadist #87 | Uzurmu Hanya Sampai Usia 60 Tahun. Selamat membaca.


عَنْ أَبِي هُرَيْرةَ رَضِي اللهُ عَنْهُ، عَنَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: « أَعْذَرَ اللهُ إِلَى امْرِىءٍ أَخَّرَ أَجَلَهُ حَتَّى بَلَغَ سِتِّيْنَ سَنةً » رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Allah tidak lagi menerima udzur (alasan) dari seseorang, setelah Dia menangguhkan umurnya hingga mencapai enam puluh tahun.” (HR. Al-Bukhari, no. 6419).


Faedah Hadist

Hadist ini memberikan faedah-faedah berharga, di antaranya:

1. Allah ‘Azza wa Jalla jika memberi kesempatan usia kepada seseorang hingga enam puluh tahun, maka tidak ada argumen lagi baginya untuk tidak beriman atau enggan beramal, karena ia hidup selama enam puluh tahun banyak mengetahui ayat Allah Ta’ala, apalagi jika ia hidup dalam negeri Islam, tentu merupakan argumen yang kuat tidak ada lagi alasan baginya jika bertemu dengan Allah Ta’ala kelak.

2. Luasnya rahmat Allah Ta’ala kepada para hambanya, di mana banyak di antara mereka dipanjangkan umurnya agar mau menerima nasihat dan bertaubat.

3. Sejatinya Allah Ta’ala tidak mengazab dan menghukum setiap hamba kecuali setelah ditegakkan hujjah atasnya. Karena Allah Yang Mahahikmah telah menganugerahkan akal dan pemahaman, mengutus rasul, dan risalah yang abadi hingga hari Kiamat kelak, karena risalah-risalah yang dahulu adalah terbatas untuk kaumnya saja, dan setiap Rasul yang datang itu menghapuskan risalah yang sebelumnya. Adapun umat ini Allah Ta’ala telah mengutus kepadanya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai penutup para Nabi dan ajarannya berlaku sampai hari kiamat.

Baca Juga:  Sadar Meninggalkan Kewajiban Sholat, Apakah Bisa Diganti?

4. Seseorang yang telah mencapai usia enam puluh tahun, tidak ada lagi alasan baginya sama sekali untuk tidak sempat belajar, kesempatan yang diberikan lebih dari cukup, karena dalam ajaran agama Islam, diwajibkan bagi setiap orang mempelajari syariat yang ia butuhkan dalam hidup ini, semisal shalat, zakat, puasa, haji, jual beli, dan yang lain sesuai kebutuhannya.

5. Sempurnanya umur seseorang menjadi 60 tahun adalah tanda bahwa ajalnya semakin dekat, karena secara umum rata-rata umur umat Rasul yang terakhir adalah berkisar 60-70 tahun, dan sedikit yang melewati usia ini.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Referensi Utama: Syarah Riyadhus Shalihin karya Syaikh Shalih al Utsaimin, & Kitab Bahjatun Naazhiriin Syarh Riyaadhish Shaalihiin karya Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilaliy.


Yuk dukung operasional & pengembangan dakwah Bimbingan Islam, bagikan juga faedah hadist ini kepada kerabat dan teman-teman.

Demi Allah, jika Allah memberi hidayah kepada satu orang dengan sebab perantara dirimu, hal itu lebih baik bagimu daripada unta-unta merah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

*unta merah adalah harta yang paling istimewa di kalangan orang Arab kala itu (di masa Nabi ).

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button